Sukses

Food

Cara Masak Beras Pera Agar Menjadi Pulen hanya dengan 3 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Untuk beberapa jenis hidangan seperti nasi goreng ataupun nasi uduk, tekstur beras pera terbukti lebih ideal karena memfasilitasi penyerapan bumbu atau santan.

Namun, saat disandingkan dengan hidangan lauk, keunggulan nasi yang lembut lebih diutamakan karena memudahkan pencampuran dengan lauk tanpa menghasilkan kekacauan.

Apabila Anda memiliki stok beras pera namun tidak berniat membuat nasi goreng atau nasi uduk, tak perlu cemas, karena beras tersebut tetap bisa diolah menjadi nasi yang lembut.

Sebagaimana yang disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Phesi Esterju pada hari Kamis (29/02/2024), berikut adalah tahapannya.

Siapkan Seluruh Bahan

Diperlukan sedikit bahan, bahkan cukup dengan 3 komponen dari dapur saja. Namun, penting untuk memastikan bahwa bubuk agar-agar tersedia, sebab itulah yang memberikan tekstur lembut pada beras. Berikut adalah komponen-komponen yang dibutuhkan:

● 2 cup Beras

● 1 sendok makan Minyak goreng

● ½ sendok teh Bubuk agar-agar

● ½ sendok teh Gula pasir

● ½ sendok teh Garam

Rendam Beras Hingga Bersih

Sebelum dicampur dengan bahan lain, beras harus direndam dulu sampai bersih untuk mencapai konsistensi yang optimal. Jumlah air yang ideal untuk merendam beras sebaiknya setara dengan dua cup beras.

Tambahkan Bubuk Agar-agar dan Minyak

Tahap berikutnya ialah menuangkan bubuk agar-agar ke dalam larutan beras. Dengan dugaan bahwa setiap 180 mg beras setara dengan 1 cangkir, kuantitas bubuk agar-agar yang diperlukan untuk 2 cangkir beras sekitar 1 sendok teh saja.

Untuk menjadikan tekstur beras lebih lembut, ingatlah untuk menambahkan 1 sendok makan minyak goreng. Sesudah itu, campurkan larutan beras hingga merata

Tambahkan Gula dan Garam

Sebenarnya, gula dan garam tidak terlalu penting. Namun, ada jenis beras tertentu yang kurang memiliki rasa sehingga memerlukan penambahan gula dan garam.

Jika beras yang Anda miliki terasa kurang, tambahkan setengah sendok teh gula dan garam, lalu aduk hingga tercampur merata kembali.

Masukkan ke Rice Cooker

Tuangkan air beras yang sudah direndam ke dalam rice cooker dan masak hingga benar-benar matang. Waktu yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung pada kemampuan rice cooker yang digunakan, tetapi umumnya sekitar 14 menit. Setelah matang, matikan rice cooker agar nasi siap untuk disajikan.

Nasi Jadi Jauh Lebih Pulen

Dari gambar di atas, terlihat dengan jelas bahwa nasi sudah mengalami perubahan menjadi lebih padat, bukan? Seperti yang diakui oleh pemilik kanal Phesi Esterju, terdapat perbedaan yang signifikan dalam tekstur nasi yang sudah dimasak ini menjadi lebih lengket.

Zat Apa yang Membuat Beras Menjadi Pulen?

Kandungan amilosa memengaruhi sifat pembengkakan volume dan juga tekstur serta kelembutan nasi. Semakin tinggi kadar amilosa, semakin besar nasi tersebut mengembang. Sebaliknya, nasi akan lebih lembut jika kandungan amilosa rendah.

Apa Perbedaan Nasi Pulen dan Pera?

Konsistensi nasi yang pulen tercermin dari tekstur nasi yang lembut atau sedikit lengket, sementara nasi pera memiliki tekstur yang lebih kasar. Perbedaan antara keduanya terletak pada karakteristik tekstural serta kandungan amilosa.

Beras Pera Cocok untuk apa?

Beras pera lebih cocok dipakai untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, lontong, atau ketupat. Sementara itu, beras pulen lebih sesuai untuk membuat sushi dan nasi kepal.

Beras Pulen itu Seperti Apa?

Beras kelas atas menampilkan tekstur nasi yang lebih halus serta cita rasa yang lebih lezat jika dibandingkan dengan beras konvensional.

Beras Premium Apakah Pulen?

Beras berkualitas tinggi menunjukkan konsistensi nasi yang lebih halus dan rasa yang lebih nikmat jika dibandingkan dengan beras

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading