Sukses

Food

Cara Simpel Goreng Tahu Isi, Gurih Tahan Lama dan Sedikit Serap Minyak

Fimela.com, Jakarta Gorengan yang populer, tahu isi, menawarkan cita rasa lezat yang cocok dinikmati sebagai camilan atau sebagai teman makan siang.

Dengan mudahnya, tahu isi dapat ditemukan di berbagai warung makan atau penjaja gorengan di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.

Namun demikian, tahu isi bisa disiapkan sendiri di rumah dengan modal yang minim. Bahkan, bahan-bahannya hampir sama dengan jenis gorengan lainnya.

Dalam salah satu video yang diunggah oleh pemilik kanal YouTube Dapur Rayyanka, diberikan tips untuk membuat tahu isi yang renyah, tahan lama, dan mengurangi penggunaan minyak.

Berikut adalah ringkasan langkah-langkahnya, seperti yang dilaporkan pada Minggu (03/03/20204).

Kumpulkan Seluruh Bahan

Bahan-bahan yang digunakan sangat simpel dan ekonomis, bahkan jika dijumlahkan totalnya tidak melebihi 8 ribu. Daftar bahan tersebut meliputi:

• 20 tahu yang sudah matang.

• 50 gram kecambah.

• 2 wortel kecil.

• Daun bawang.

• 175 gram tepung terigu biasa.

• 25 gram tepung tapioka.

• 1 sdm minyak sayur.

• ½ sdt baking powder dan ¼ sdt lada bubuk.

Untuk bumbunya, gunakan 30 gram bawang merah, 15 gram bawang putih, dan 1 sdm garam. Bumbu dapat dihaluskan secara langsung.

Aduk Tepung dan Bumbu

Masukkan tepung terigu, tapioka, baking powder, dan lada ke dalam sebuah baskom stainless. Kemudian, tambahkan 50 ml air ke dalamnya.

Campurkan bahan-bahan tersebut hingga menjadi agak padat, lalu tambahkan separuh dari bumbu yang telah diulek sebelumnya. Aduk hingga merata.

Apabila adonan sudah cukup kental, tambahkan 1 sendok makan minyak sayur agar tidak menyerap terlalu banyak minyak saat proses penggorengan. Lanjutkan mengaduk hingga adonan benar-benar lembut..

Campur Isian dengan Sisa Bumbu

Masukkan bumbu yang tersisa ke dalam wadah yang baru, kemudian tambahkan wortel, kecambah, dan daun bawang untuk dicampur secara merata. Setelah itu, tuangkan campuran tersebut ke dalam tahu.

Selalu gunakan plastik saat mencampur bahan-bahan ini untuk menjaga kebersihan tangan.

Lapisi Tahu dengan Adonan lalu Goreng

Adonan tepung dapat difungsikan sebagai pelapis bagi tahu isi agar memperoleh lapisan luar yang renyah dan tebal.

Tutupi setiap tahu isi dengan adonan tepung, kemudian masukkan mereka ke dalam penggorengan secara bertahap.

Setelah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat tahu dari penggorengan dan letakkan di atas piring untuk dinikmati sebagai camilan.

Berapa Lama Tahu Goreng Bertahan?

Perlu diingat bahwa makanan tersebut dapat disimpan dalam lemari es selama satu minggu jika belum dimasak, tergantung pada jenis tahu yang digunakan. Namun, setelah dimasak, tahu goreng bisa disimpan dalam lemari es selama sekitar 6-7 hari.

Apakah Tahu Boleh di Simpan di Freezer?

Disarankan untuk mempertimbangkan penyimpanan tahu di dalam kulkas. Menurut informasi dari The Kitchen, direkomendasikan untuk memotong tahu berukuran besar menjadi beberapa bagian terlebih dahulu, lalu letakkan di atas loyang yang dilapisi kain serbet bersih sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Bisakah Tahu di Freezer?

Tidak dianjurkan menyimpan tahu sutra di dalam freezer karena tingginya kandungan air yang berpotensi membentuk kristal saat dibekukan. Ketika membuka kemasan tahu, lebih baik untuk memindahkan tahu ke dalam wadah yang berisi air.

Apakah Tahu Harus Dicuci?

Kualitas bahan makanan tahu dapat berubah dengan cepat setelah dibeli. Oleh karena itu, disarankan untuk segera membersihkan tahu setelah dibeli dengan menggunakan air mengalir perlahan.

Apakah Tahu Itu Sehat?

Tahu merupakan opsi yang baik untuk menjaga pola makan yang sehat karena memiliki kalori rendah tetapi kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Berbeda dengan sumber protein hewani, tahu tidak mengandung kolesterol. Selain itu, kandungan lemak omega 3 dalam tahu juga membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading