Sukses

Food

Cara Membuat Kacang Bawang Empuk dan Renyah yang Tidak Menyerap Minyak

Fimela.com, Jakarta Kacang bawang merupakan camilan yang sangat populer dan nikmat untuk dinikmati kapan saja. Mendekati hari lebaran seperti sekarang ini, kacang bawang menjadi pilihan camilan atau sajian lebaran yang paling dicari.  Banyak orang yang memasukkan kacang bawang ke daftar wajib sajian lebaran untuk para sahabat, kerabat dan teman-teman yang bersilaturakhim ke rumah. 

Kacang bawang sendiri bisa dibeli secara langsung di pasaran, atau bisa juga dibuat sendiri di rumah. Dengan rasa gurih dan renyahnya, kacang bawang menjadi favorit banyak orang. Namun, bagaimana cara membuat kacang bawang yang gurih, renyah dan empuk di rumah? Berikut tips memasak kacang bawang sendiri yang empuk dan renyah. 

Bahan

  • 250 gram kacang tanah kupas
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh bubuk bawang putih (opsional)

Panaskan Minyak Goreng

Setelah semua bahan siap, yang perlu dilakukan adalah memanaskan minyak goreng. Ya, panaskan minyak goreng dalam wajan besar atau panci di atas api sedang hingga minyak cukup panas. 

Tumis Kacang Tanah

Setelah minyak panas, tambahkan kacang tanah ke dalam wajan. Aduk rata hingga kacang tanah tertutup minyak secara merata. Tumis kacang tanah selama sekitar 5-7 menit sambil terus diaduk, atau hingga kacang tanah mulai berwarna kecokelatan.

Tambahkan Bumbu

Setelah kacang tanah mulai berwarna, tambahkan gula pasir, garam, merica bubuk, dan bubuk bawang putih (jika menggunakan). Aduk rata hingga bumbu merata tercampur dengan kacang tanah.

Panggang Kacang

Lanjutkan memasak kacang tanah selama sekitar 10-15 menit sambil sesekali diaduk agar tidak gosong dengan cara dipanggang atau dioven. Pastikan untuk mengamati kacang tanah secara teratur untuk mencegahnya terlalu gosong dan memastikannya telah benar-benar matang sempurna. 

Diamkan Hingga Dingin

Setelah kacang tanah matang dan berwarna kecokelatan, matikan api dan angkat kacang tanah ke wadah yang telah dilapisi kertas roti. Biarkan kacang dingin sebelum kamu memutuskan untuk menyimpannya. Saat kacang bawang dingin, teksturnya akan lebih renyah, gurih dan empuk menggugah selera. 

Simpan dalam Wadah Tertutup

Setelah kacang bawang benar-benar dingin, pindahkan ke dalam wadah yang kedap udara. Simpan di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kelezatan dan keempukannya. Kacang bawang bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dengan cara penyimpanan yang benar. 

Nah, kacang bawang renyah dan empuk siap disajikan! Nikmati sebagai camilan yang lezat atau tambahkan ke salad atau hidangan lainnya untuk sentuhan renyah dan gurih bikin nagih.

Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah. Selain untuk sajian pribadi, ini juga bisa dijadikan ide jualan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading