Sukses

Food

5 Resep Infused Water Menyegarkan, Diklaim Efektif Tangkal Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir, minuman infused water telah menjadi populer dan diminati banyak orang. Berbeda dengan jus buah yang biasanya lebih pekat, infused water memiliki konsistensi yang lebih ringan dan menyegarkan karena terbuat dari perendaman buah atau sayuran.

Dengan rasa yang segar, minuman ini seringkali dijadikan pilihan yang sehat. Salah satu manfaat kesehatannya adalah mencegah kenaikan tekanan darah atau hipertensi. Oleh karena itu, infused water dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat sehari-hari.

Berikut adalah lima resep infused water yang dapat dikonsumsi untuk mencegah hipertensi, beserta cara membuatnya yang telah dirangkum dari beberapa sumber pada Selasa, 26 Maret 2024.

1. Resep Infused Water Belimbing

Buah belimbing direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh individu yang mengidap hipertensi. Menurut informasi dari situs hellosehat.com, kandungan kalium dalam buah belimbing dapat membantu melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan kelancaran aliran darah dan mencegah peningkatan tekanan darah.

Membuat infused water menggunakan buah belimbing sangatlah sederhana. Caranya cukup mudah, dengan menyiapkan 150 gram potongan belimbing dan 500 ml air matang. Belimbing dipotong-potong dan direndam dalam botol berisi 500 ml air, kemudian diamkan selama 4-5 jam dalam kulkas.

2. Resep Infused Water Apel

Menurut penelitian yang terdapat dalam buku yang ditulis oleh Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., dan Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz., yang berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat, air infused water buah apel disebutkan dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi.

Hal ini diperkuat oleh kandungan flavonoid yang tinggi dalam buah apel yang efektif dalam mencegah kerusakan serta penyumbatan pembuluh darah, sementara juga mengandung pektin yang terkenal dapat menurunkan tekanan darah. Langkah pembuatan infused water apel meliputi merendam 150 gram potongan apel dalam 500 ml air matang, kemudian tutup rapat dan simpan dalam kulkas selama 4-5 jam.

3. Resep Infused Water Timun

Menurut informasi dari situs klikdokter.com, satu buah timun mengandung 442 mg kalium, jumlah yang tergolong tinggi. Ini menjadikan timun sebagai salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi karena kandungan kaliumnya bermanfaat dalam mengatur kontraksi dan relaksasi otot jantung sehingga tekanan darah tetap stabil.

Untuk membuat infused water dari timun, dibutuhkan 8 gelas air matang, dua timun yang dipotong tipis, dan sejumput garam (jika diinginkan). Campurkan semua bahan ke dalam botol besar atau wadah yang dapat ditutup rapat, lalu simpan di dalam kulkas dan diamkan selama 4 jam atau semalaman.

4. Resep Infused Water Seledri

Sebagaimana apel, seledri juga memiliki flavonoid yang berguna dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah. Dikutip dari hellosehat.com, sayuran ini juga mengandung phthalates yang membantu otot-otot pembuluh darah untuk relaksasi, sehingga tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

Untuk membuat infused water, cukup masukkan potongan seledri seberat 50 gram ke dalam 500 ml air. Selanjutnya, simpanlah campuran tersebut di dalam kulkas selama 4-5 jam.

5. Resep Infused Water Lemon

Buah lemon dikatakan memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Kato dan rekan-rekannya terhadap 101 wanita di Jepang. Studi tersebut mencatat bahwa mengonsumsi air perasan lemon secara teratur setiap hari dapat signifikan mengurangi tekanan darah.

Untuk membuat infused water lemon, cukup persiapkan 100 gram potongan buah lemon dan 500 ml air. Campur kedua bahan tersebut seperti yang telah diinstruksikan pada resep sebelumnya. Setelah itu, tutup rapat dan biarkan dalam kulkas selama 4-5 jam.

Infused Water Gunanya untuk Apa?

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi infused water dipercaya dapat meningkatkan efisiensi metabolisme, sehingga tubuh dapat lebih efektif dalam pembakaran kalori dan memperoleh energi yang cukup.

Apakah Boleh Minum Air Infused Water Setiap Hari?

Agar tetap sehat dan mencegah kekurangan cairan, disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Apabila dibuat dengan teliti dan sesuai aturan, infused water adalah alternatif yang sehat dan aman untuk diminum.

Infused Water Minuman Apa?

Minuman infused water tengah menjadi tren yang populer belakangan ini. Sebagai alternatif sehat, minuman ini terdiri dari campuran air mineral dengan potongan-potongan segar dari berbagai jenis buah, sayuran, herba, serta rempah-rempah yang dipilih secara cermat.

Apakah Infused Water Bisa Mengecilkan Perut?

Minuman infused water terdiri dari air bersih, buah, serta/atau sayuran sebagai komponen utamanya. Dengan demikian, berdasarkan penjelasan sebelumnya, minuman tersebut berpotensi membantu dalam mencapai tujuan mengecilkan perut yang buncit.

Apakah Timun dan Lemon Boleh Dicampur?

Mencampurkan air mentimun dengan perasan lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading