Sukses

Food

Cukup Pakai 1 Alat, Begini Cara Gampang Kupas Kulit Kentang Tanpa Direbus

Fimela.com, Jakarta Diketahui secara luas bahwa kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik dan bisa menjadi pengganti nasi.

Selain itu, kentang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat, baik yang manis maupun gurih, seperti kentang mustofa, perkedel kentang, dan kentang goreng.

Meskipun demikian, banyak orang lebih memilih untuk membeli makanan olahan kentang daripada membuatnya sendiri di rumah. Hal ini karena mengupas kentang memang agak sulit.

Namun, tidak perlu khawatir, karena pemilik kanal YouTube Eka Kurniawan Heriyanto memiliki metode khusus untuk mengupas kentang dengan lebih mudah bahkan tanpa perlu direbus terlebih dahulu. Cara tersebut akan dirangkum pada Sabtu (25/05/2024).

Gunakan Kawat Pencuci

Alat yang digunakan adalah kawat gosok piring. Sebaiknya memakai kawat gosok baru agar kebersihan kentang terjaga. Namun, kawat gosok lama yang sudah dibersihkan juga masih bisa dimanfaatkan.

Cuci Kentang dengan Kawat Pencuci

Pilih kentang yang akan dikupas, lalu cuci kentang tersebut di bawah air yang mengalir sembari digosok dengan kawat pembersih.

Kulit Kentang Terkelupas Sempurna

Saat digosok dengan kuat di bawah air yang mengalir, kulit kentang akan terlepas dengan sendirinya. Terus gosok kentang saat dicuci hingga kulitnya benar-benar terlepas seluruhnya.

Kentang Tidak Perlu DIcuci Lagi

Setelah diusap dan dibilas menggunakan air yang mengalir, kentang dianggap telah bersih dan tidak memerlukan pencucian tambahan. Tetapi, pastikan bahwa kawat pencuci yang digunakan tidak mengandung sisa-sisa kotoran.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kentang

Apakah kentang Rebus Harus Dikupas?

Merebus kentang tanpa mengupasnya dapat mengakibatkan kehilangan sekitar 40 persen vitamin C, sedangkan kentang yang direbus tanpa dikuliti hanya kehilangan sekitar 30 persen vitamin C.

Berapa Lama Merebus Kentang?

Setelah air mencapai titik didih, kecilkan intensitas api dan atur agar kentang tetap mendidih sampai empuk saat ditusuk: 10–12 menit untuk kentang kecil, 15–20 menit untuk ukuran sedang, atau 30–40 menit untuk potongan dadu besar. Saring kentang setelah matang dan diamkan selama 10 menit.

Apakah Kentang Harus Dicuci Dulu?

Sebelum dikonsumsi, kentang harus dicuci dengan cermat dan diproses dengan benar karena merupakan umbi yang tumbuh di dalam tanah. Jika tidak dibersihkan dengan teliti sebelum dimasak dan dimakan, kulit kentang bisa saja mengandung sisa-sisa zat kimia dari tanah.

Berapa Menit Mengukus Kentang Agar Empuk?

Setelah itu, tutup panci rapat-rapat dan biarkan proses pengukusan berlangsung dengan api kecil. Langkah ini krusial untuk menjaga air tetap dalam keadaan mendidih hingga kentang menjadi lunak. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit, atau 15-20 menit bila menggunakan kentang kecil yang masih segar.

Apakah Boleh Makan Kentang dengan Kulitnya?

Kulit kentang memiliki manfaat yang tidak boleh diabaikan, yakni membantu menurunkan tekanan darah karena kaya akan kalium. Kalium adalah mineral penting yang terkandung dalam jumlah besar di dalam kulit kentang. Memenuhi kebutuhan kalium melalui makanan dapat berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading