Sukses

Food

Cara Awetkan Rendang Biar Tidak Keras Setelah Disimpan Berbulan-bulan, Hanya Perlu 1 Alat

Fimela.com, Jakarta Dengan rasa khasnya yang tajam dan unik dari rempahnya, tidak mengherankan bahwa rendang dianggap sebagai salah satu hidangan paling lezat di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia.

Namun, karena keunikan rempahnya, diperlukan penggunaan banyak air saat memasak rendang. Ini dapat menyebabkan rendang cepat basi, biasanya hanya dalam empat hingga lima hari.

Namun demikian, rendang ternyata dapat tetap awet selama berbulan-bulan jika disimpan dengan benar. Hal ini sama dengan teknik yang dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Dapur Moochies TV pada hari Sabtu (25/05/2024).

 

Masukkan ke dalam Plastik

Langkah awalnya adalah menyiapkan beberapa lembar plastik yang sama dengan yang terlihat pada gambar. Kemudian, letakkan potongan-potongan rendang ke dalam plastik tersebut. Apabila tidak cukup rapat, gunakan selotip untuk menempel plastik.

Pisahkan Berdasarkan Ukuran Plastik

Terdapat variasi dalam ukuran dan jenis plastik, memungkinkan tiga potong rendang dimasukkan ke dalam plastik yang lebih besar, sedangkan untuk yang lebih kecil, cukup dua potong.

Letakkan dalam Wadah yang Rapat

Persiapkan wadah yang steril untuk menyimpan potongan rendang yang telah dimasak tadi. Tutup rapat wadah tersebut dan pastikan tidak ada celah udara yang masuk. Gunakan karet pengikat jika diperlukan untuk menjaga rapatnya penutup wadah.

Simpan di Freezer

Langkah terakhir adalah memasukkan wadah yang berisi rendang ke dalam freezer. Dengan cara ini, kualitas dan tekstur khas rendang akan tetap terjaga selama beberapa bulan ke depan. Namun, hindari menyimpan rendang saat masih terlalu panas karena dapat merusak kualitasnya.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Rendang

Bolehkah Rendang Disimpan di Freezer?

Rendang bisa disimpan di dalam freezer selama 3 hingga 6 bulan apabila dimasak dengan tepat dan tanpa dipotong tengahnya. Hidangan khas Minang ini dapat tetap terjaga dalam kondisi kering yang sesuai selama rentang waktu tersebut.

Bagaimana Cara Menyimpan Rendang?

Untuk menyimpan rendang secara praktis dan efektif, gunakan wadah kedap udara atau kontainer rapat. Agar kesegaran rendang dapat dipertahankan untuk beberapa hari ke depan, sebaiknya letakkan dalam kulkas.

Apakah Rendang Tahan Lama Tanpa Kulkas?

Rendang yang dimasak sampai kering, ditandai dengan perubahan warna rempah-rempahnya menjadi hitam, dapat bertahan sekitar satu bulan tanpa perlu disimpan dalam kulkas.

Berapa Lama Rendang Tahan di Kulkas?

Biasanya, rendang dapat bertahan selama beberapa hari, terutama sekitar 4 hingga 5 hari. Namun, terdapat kasus di mana rendang dapat bertahan bahkan berbulan-bulan jika disimpan di dalam kulkas dengan metode yang benar.

Berapa Kali Rendang Boleh Dipanaskan?

Sebelum memanaskan masakan, pastikan untuk menyesuaikan suhu ruangan terlebih dahulu. Jaga agar proses pemanasan tidak terlalu lama agar konsistensi santan tetap terjaga. Untuk menjaga kesehatan tubuh dari risiko santan, hidangan seperti opor ayam dan rendang disarankan hanya dipanaskan hingga tiga kali saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading