Sukses

Food

Hanya dengan 1 Alat, Begini Cara Awetkan Roti Biar Tetap Segar dan Tidak Berjamur

Fimela.com, Jakarta Roti tawar tidak hanya memiliki nilai gizi yang baik, tetapi juga memicu nafsu makan ketika dipanggang bersama telur dan daging atau dicampur dengan selai dan meses.

Tersedianya roti putih di pasar swalayan sangat melimpah dengan harga yang terjangkau. Di samping itu, kelembutan teksturnya membuatnya cocok untuk santapan pagi.

Meskipun begitu, satu kekurangan yang mencolok dari roti putih adalah masa simpan yang terbatas, terbukti dari tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan.

Untuk mengatasi masalah ini, saran penyimpanan yang praktis dapat diikuti seperti yang dijabarkan oleh pemilik saluran YouTube, Sajian Sedap.

Ragam trik yang  dibagikan akan disampaikan pada hari Senin (27/05/2024) berikut ini.

Bungkus dengan Kertas

Untuk mulai, persiapkan roti tawar yang ingin disimpan dengan menumpuknya secara tegak. Bungkus roti menggunakan kertas dengan melipatnya dari kedua sisi. Penggunaan kertas lebih cocok daripada plastik untuk menjaga kelembaban roti.

Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Salah satu metode untuk menjaga kesegaran roti hingga berbulan-bulan adalah dengan menyimpannya dalam wadah yang kedap udara. Dengan strategi ini, roti dapat terlindungi dari udara yang dapat mempercepat pertumbuhan jamur pada roti.

Jangan Simpan di Kulkas

Jika kulkas, terutama yang sudah tua tidak mencapai suhu yang cukup rendah, roti yang disimpan di dalamnya berpotensi untuk mengalami pertumbuhan jamur. Penyebabnya adalah kurangnya pendinginan yang memadai, sehingga tidak cukup efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur pada roti.

Masukkan ke Freezer

Agar roti tetap segar selama berbulan-bulan, metode teraman adalah dengan menyimpannya di dalam freezer. Sebelumnya, pastikan untuk melindungi roti dengan plastik zipper, kertas pembungkus, atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Roti Tawar

Mengapa Roti Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

Kemungkinan roti gandum berkualitas tinggi mengalami kerusakan bila disimpan dalam lemari es bisa meningkat, terutama apabila penyimpanannya terlalu lama.

Kenapa Roti Tidak Bisa Bertahan Lama?

Roti mengalami penurunan kualitas atau umur simpannya dengan berbagai faktor seperti kandungan air, jenis tepung yang dipakai, teknik pembuatan, dan cara penyimpanan.

Bagaimana Ciri-ciri Roti Kadaluarsa?

Ciri-ciri roti yang tak layak konsumsi adalah munculnya jamur (spora) di permukaan dan aroma yang kurang sedap.

Apa yang Terjadi Jika Memakan Roti yang Sudah Kadaluarsa?

Organisme mikro yang tumbuh di roti yang sudah kadaluwarsa bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik di pencernaan kita, mengakibatkan gangguan pencernaan seperti kembung dan produksi gas berlebih.

Berapa Lama Roti Bertahan di Suhu Ruangan?

Healthline menyebutkan berbagai faktor yang memengaruhi masa simpan roti, yang biasanya bertahan 3-7 hari jika disimpan pada suhu ruangan, namun lama penyimpanannya bisa bervariasi tergantung pada komposisi, jenis, dan cara penyimpanan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading