Sukses

Food

Cara Membuat Singkong yang Keras Jadi Empuk Merekah dengan 1 Bahan

Fimela.com, Jakarta Jenis singkong yang dijual di pasaran ada berbagai macam. Terkadang jika tidak tepat dalam memilih singkong, kita akan mendapatkan singkong yang keras, padat dan kenyal meskipun udah dimasak sekian lama sehingga kurang bisa dinikmati jika tujuannya adalah untuk membuat kolak, singkong keju atau singkong rebus yang empuk dan merekah lembut. Biasanya, singkong yang susah merekah dan susah emmpuk saat dimasak adalah singkong putih, yang kulit arinya putih. Singkong yang mudah merekah dan empuk adalah jenis singkong mentega. Cek saat akan membeli singkong.

Tapi jika kebetulan sudah membeli singkong yang jenisnya keras dan kenyal ini, tetap ada cara yang bisa dilakukan agar singkong bisa empuk dan merekah ketika dimasak, baik digoreng atau direbus. Bahan yang dibutuhkan hanya satu, yaitu baking soda, atau bisa juga pakai baking powder. Cara yang dilakukan cukup mudah, ini dia cara membuat singkong goreng yang empuk dan merekah hanya dengan 1 bahan.

Cara Membuat Singkong Keras Jadi Empuk dan Merekah

Bahan:

  • 500 gram singkong putih
  • 1 sdt baking soda/baking powder

Bumbu perendam (optional):

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas singkong lalu potong-potong.
  2. Kukus atau rebus singkong selama 20 menit atau cukup matang.
  3. Ulek bumbu halus, tambahkan air secukupnya.
  4. Masukkan baking soda, aduk rata hingga larut.
  5. Masukkan singkong yang sudah matang ke dalam bumbu rendam.
  6. Diamkan selama 30 menit.
  7. Panaskan minyak goreng. Goreng singkong hingga matang. Tiriskan.

Singkong yang keras akan lebih empuk dan merekah setelah digoreng. Meski tentu saja tetap lebih empuk dan merekah jika pakai singkong mentega atau yang kulitnya merah, tapi cara ini bisa membantu mengempukkan singkong yang keras dan susah merekah dengan cepat. Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading