Sukses

Health

7 Kegiatan Sehari-Hari yang Menyebabkan Mata Lelah

Fimela.com, Jakarta Kita terkadang tidak sadar sedang melakukan hal-hal yang menyiksa mata dan membuat mata lelah, kering dan pedih. Kita merasa melakukan aktivitas biasa saja tapi mata perlahan-lahan mudah pedih. Jangan memenganggap sepele ketika mata terasa lelah, karena bisa saja itu merusak penglihatan dan mengurangi kemampuanmu melihat. Kira-kira apa saja kegiatan yang membuat mata lelah? Coba cek, apakah kebiasaan-kebiasaan berikut ini membuat matamu lelah.

1. Membaca sambil rebahan

Posisi membaca paling tepat adalah dengan duduk punggung tegak sehingga sudut mata lebih nyaman menatap ke halaman buku. Tapi jika membaca sambil rebahan atau tiduran, membuat mata bekerja lebih keras karena sudut penglihatan yang berbeda. Tekanan pada otot mata ini akan cepat membuat mata lelah. Itu juga alasan mengapa orangtua sering memarahimu jika membaca sambil berbaring.

2.Terlalu lama menatap layar komputer

Menatap layar komputer sepanjang hari tentu dapat membuat mata merasa lelah. Jika kamu dituntut untuk bekerja di depan laptop atau komputer seharian, pastikan memberi jeda pada diri sendiri untuk mengalihkan pandangan dan memberikan latihan pada mata seperti menatap pepohonan hijau di jauhan, jalan-jalan sebentar atau bisa juga mencoba mengenakan kacamata anti silau untuk mengurangi paparan sinar biru dari layar komputer.

3. Menonton atau membaca di kegelapan

Cahaya juga punya efek yang berbeda terhadap kemampuan mata dalam melihat. Jangan membaca buku atau menonton layar televisi, laptop, dan ponsel dengan pencahayaan yang kurang. Menonton dalam gelap atau redup membuat mata harus menyesuaikan diri lagi sehingga membuat mata bekerja lebih keras. Belum lagi paparan radiasi sinar biru dari layar elektronik yang mampu mengurangi kemampuan penglihatan. Jadi membacalah dengan cahaya yang cukup, tidak temaram apalagi gelap.

4. Membaca saat kendaraan berjalan

Baik itu mobil mewah atau kereta yang jalannya tenang, akan lebih baik jangan membaca dalam kendaraan yang sedang berjalan. Itu bukanlah pilihan yang bijaksana karena saat kendaraan bergerak, garis penglihatan selalu berubah. Otot mata harus bekerja sangat keras untuk menyesuaikan diri dengan gerakan kendaraan. Itulah alasan banyak orang merasa pusing saat membaca atau nonton sesuatu saat kendaran berjalan.

5. Sinar matahari

Menikmati cuaca cerah dengan sinar matahari yang terik tanpa perlindungan kacamata gelap dapat membuat dahi berkerut. Sama halnya kekurangan cahaya saat membaca, kelebihan cahaya saat berada di luar rumah juga buruk untuk mata sehingga mudah membuat mata lelah. Sinar ultra violet dari matahari dapat merusak mata dan membuatnya pedih berair, apalagi jika kamu menatap langsung ke langit.

6. Menyetir di malam hari

Lampu jalanan, mobil lain dan berbagai kilatan cahaya tiba-tiba dari kendaraan ternyata juga bisa membuat mata lelah. Meneytir di malam hari bukan hanya menuntut kewaspadaa lebih pada mata tapi juga memaksa mata untuk lebih fokus dan bekerja lebih keras. Apalagi malam hari adalah waktu untuk istirahat, jika mata dipaksa begadangm tentu akan mudah lelah.

7. Menjahit

Menjahit adalah keterampilan yang dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan. Jika mata tidak awas, jahitan akan jelak atau justru jarum mengenai tangan. Itulah mengapa banyak penjahit selalu memakai kaca mata setelah sekian tahun bekerja di bidang ini karena matanya mudah lelah dan dituntut bekerja ekstra.

Jadi, itu dia sekian kegiatan sehari-hari yang ternyata mudah membuat mata lelah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading