Sukses

Health

10 Makanan yang Efektif Turunkan Kolesterol dan Cegah Penyakit Jantung

Fimela.com, Jakarta Sejak dahulu kala, penyakit jantung selalu menjadi jenis penyakit yang mengerikan bagi banyak orang, apalagi ketika mendengar semakin banyaknya kasus serangan jantung mendadak. Tidak peduli pria atau perempuan, serangan jantung dapat dialami oleh siapa saja. Ada banyak penyebabnya sehingga seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, mulai dari stress, pola makanan, merokok, begadang dan lain sebagainya. Kesemua itu dapat meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung.

Oleh karena itu, perlu dicegah sejak awal. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki apa yang dimakan sehari-hari. Banyak makanan sehat yang menutrisi tubuh dengan baik, tapi yang secara khusus mampu mencegah penyakit jantung ada beberapa makanan ini.

1. Tahu tempe

Tinggi kandungan kalsium dan vitamin, baik tahu maupun tempe merupakan makanan olahan kacang kedelai yang sehat untuk jantung sekaligus baik untuk para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan karena rendah kalori, rendah kolesterol namun tinggi protein. Banyaknya kandungan kolesterol baik pada tahu tempe akan membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

2. Pisang

Buah pisang diketahui tinggi akan potassium atau kalium. Buah yang satu ini bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan serat dan karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi, tetapi juga dapat membantu menurunkan detak jantung pada penderita tekanan darah tinggi sehingga secara alami detak jantung akan melandai bahkan menjaga detak jantung sehat pada angka yang normal.

3. Kismis

Buah kismis umumnya hanya dikonsumsi sebagai topping, tapi sebenarnya punya kandungan gizi yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Buah yang berasal dari anggur ini kaya kandungan potassium dan rendah sodium. Para peneliti mengatakan bahwa kismis dapat menyembuhkan takikardia (kondisi sakit jantung yang cukup serius, di mana detak jantung sangat cepat dan melebihi angka normal) secara alami.

4. Bayam

Bayam termasuk salah satu dari banyaknya sayuran hijau yang kaya kandungan magnesium. Magnesium sendiri berguna untuk membantu menjaga keseimbangan detak jantung sekaligus menurukan kolesterol sehingga bisa menjaga kesehatan jantung lebih baik, terutama menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

5. Kacang almond

Kacang almond mungkin masih terbilang agak mahal jika mau dijadikan camilan, namun kandungan gizinya tinggi dan manfaatnya banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Almond kaya akan antioksidan, lemak sehat, vitamin dan mineralyang baik untuk mencegah penyakit jantung, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mengendalikan nafsu makan.

6. Brokoli

Kaya akan antioksidan, vitamin, mineral serta serat, sayur brokoli juga bahan yang sangat baik untuk diet. Brokoli akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga risiko mengalami penyakit jantung juga bisa dikikis. Rajin mengonsumsi brokoli juga akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga tidak ada penggumpalan darah di dalam pembuluh.

7. Labu

Labu adalah menu makanan lain yang kaya kandungan magnesiumnya. Membantu menurunkan detak jantung yang terlalu cepat, serta menurunkan kadar kolesterol. Labu juga memiliki kandungan serat terlarut yang baik dalam melancarkan peredaran darah sekaligus menjaga kualitas sel darah merah yang baik dan sehat.

8. Ikan

Ikan seperti tuna, salmon, mackarel, sarden, adalah jenis ikan laut lain umumnya kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisinya sangat baik untuk kesehatan jantung dan efektif membantu mengontrol detak jantung. Ikan yang dikonsumsi dengan cara kukus atau rebus juga sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

9. Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan lemak sehat, protein dan kalium yang juga disarankan untuk membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko serangan jantung. Buah alpukat mengandung lemak nabati yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan menjaga tekanan darah normal.

10. Susu

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tinggi, jadi meskipun kandungan lemaknya banyak, susu dapat membantu mencegah penyakit jantung selama porsi konsumsinya terjaga. Apabila ingin menyeimbangkan detak jantung, maka yang harus dilakukan adalah mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium.

Wah, ternyata semua mudah ditemukan dalam menu sehari-hari dan bisa disajikan sebagai menu sehat di meja makan ya Sahabat Fimela. Yuk mulai hidup sehat dan bantu cegah penyakit jantung sejak dini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading