Sukses

Health

Cara Memanfaatkan Jahe dan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Sejumlah Penyakit

Apa yang kamu ketahui tentang jahe dan kayu manis? Sebagian besar dari kita mungkin tahu bahwa jahe dan kayu manis adalah bumbu-bumbu dapur. Tapi ternyata jahe dan kayu manis memiliki banyak sekali manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir oleh mindbodygreen.com, ada beberapa cara untuk memanfaatkan jahe dan kayu manis untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

 

 

Manfaat Jahe

Jahe bisa langsung digunakan atau dikeringkan dan dijadikan bubuk jahe terlebih dahulu. Jika kamu memiliki gangguan pencernaan atau sulit untuk buang gas, maka kamu bisa memanfaatkan jahe. Selain itu, jahe juga bisa menghilangkan dahak dan membuat sistem pernapasan lebih lega khususnya saat kamu sedang terkena pilek, batuk, atau radang tenggorokan.

Cara Memanfaatkan Jahe

  1. Dimakan segar. Potong tipis atau dipotong dengan bentuk batang korek api, tambahkan perasan jeruk lemon dan sejumput garam. Dengan menikmati ini, kamu bisa membuat sistem pencernaan lebih lancar.
  2. Dibuat minuman. Campurkan jahe seukuran ibu jari yang sudah diiris-iris dengan 2 gelas air. Rebus selama 5-10 menit. Setelah itu, angkat dan biarkan mendingin. Kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis dan madu.
  3. Sebagai kompres. Campurkan bubuk jahe dengan air dingin biasa hingga tercampur rata dan kental. Kompres otot yang nyeri atau pegal dengan campuran ini. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin biasa.

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain bisa mengatasi gangguan pencernaan, kayu manis bisa membantu menjaga proporsional berat tubuh, tekanan darah, dan tingkat kolesterol tubuh. Kayu manis juga diyakini bisa meningkatkan sistem imun dan mencegah tubuh terkena pilek atau flu. Jika kamu sering merasa kram perut saat menstruasi, kamu juga bisa menggunakan kayu manis untuk menghilangkan rasa kram dan sakit perut.

Cara Memanfaatkan Kayu Manis

  1. Dibuat minuman. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan 1 gelas air mendidih. Biarkan larut selama 10 menit, setelah dingin baru campurkan 1 sdt madu. Jika kamu ingin mendapatkan khasiat atau manfaat besarnya, kamu bisa mengganti air mendidih dengan air jahe hangat.
  2. Untuk penguat rasa, kamu bisa cukup menambahkan bubuk kayu manis ke makanan yang kamu buat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading