Sukses

Health

5 Tips agar Tubuh Tidak Melar setelah Libur Panjang Lebaran

Fimela.com, Jakarta Tak terasa Bulan Ramadan telah usai dan umat muslim telah sampai di Hari Raya Idul Fitri untuk merayakan kemenangan. Buat kamu yang merayakan Lebaran, selamat menikmati hari raya dan libur panjang pekan ini. Di hari yang spesial ini umumnya ada banyak camilan dan makanan lezat di rumah.

Tentunya, hal ini akan membuat kita lebih mudah menyantap berbagai makanan secara berlebihan, apalagi didukung pembelaan 'sudah puasa selama sebulan' dan sedang kumpul keluarga besar. Belum lagi, liburan panjang memungkinkan kita memiliki waktu bersantai di rumah. Akibatnya, banyak dari kita jadi mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran dan liburan usai.

Agar tidak perlu mengalami efek kenaikan berat badan setelah lebaran dna libur panjang karena terlalu banyak makan makanan berkalori tinggi, ini sekian hal yang bisa kita lakukan demi menjaga kesehatan.

1. Olahraga Rutin

Meskipun liburan, jangan lupakan olahraga. Pastikan melakukan olahraga rutin setiap hari, bisa berupa olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau sekadar stretching tubuh. Jika tidak sempat olahraga, lakukan banyak pekerjaan rumah seperti mencuci piring, merapikan barang, mencuci baju, menyapu lalu mengepel lantai atau yang lainnya. Jika berniat olahraga, lakukan minimal 10 menit setiap sore atau pagi sehingga mampu membantu mendapatkan tubuh bugar, sehat dan terhindar dari risiko kegemukan.

2. Jangan Tidur Selepas Makan atau Ngemil

Usahakan untuk tidak tidur selepas makan atau ngemil. Jangan pula seharian rebahan dan bersantai tanpa melakukan kegiatan yang berarti. Selain sangat tidak baik buat kesehatan pencernaan dan tubuh, makan atau ngemil sebelum tidur akan membuatmu rentan mengalami kegemukan karena tubuh melihat tidak adanya aktivitas fisik sehingga kalori yang didapat dari makanan tidak bisa diubah menjadi energi, pada akhirnya kalori itu diubah menjadi lemak sebagai cadangan energi. Lemak inilah yang ditumpuk di tubuh dan kamu benci.

3. Hindari Makanan/Minuman Terlalu Manis & Asin

Meski ada banyak makanan dan minuman di rumah atau bertamu kerumah kerabat saat lebaran seperti sekarang ini, pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan dan minuman. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis maupun terlalu asin. Makanan manis mengandung banyak gula yang bisa membuat tubuh rentan mengalami kegemukan. Sementara makanan asin membuatmu kesulitan berhenti makan. Jika makan makanan asin gurih sulit berhenti, kemungkinan besar juga rentan kegemukan karena konsumsi kalori berlebih.

4. Makan dan Minum Secukupnya

Usahakan untuk makan dan minum secukupnya saja. Meski ada banyak makanan dan minuman yang lezat, jangan sampai tergoda untuk makan smuanya dalam porsi besar. Justru jika bisa, kurangi poris makanan dan peranyak asupan air putih untuk menekan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Tindakan ini bukan hanya harus diawali dengan niat tapi juga dilakukan secara konsisten agar bisa melakukan diet dan menjaga berat badan setelah lebaran.

5. Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Agar badan tak melar selepas libur panjang lebaran, usahakan untuk konsisten konsumsi makanan yang rendah lemak. Alangkah baiknya jika kamu perbanyak konsumsi sayur dan buah sehingga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dibandingkan mengikuti nafsu makan yang tak terkendali. Meskipun opor dan rendang terasa menggoda, cukup makan sekali saja saat lebaran, selebihnya memasak dan makanlah makanan rendak lemak.

Itulah sekian hal yang perlu diperhatikan saat ingin mempertahankan berat badan ideal selepas lebaran dan libur panjang. Semoga tips ini bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading