Sukses

Health

5 Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berlari agar Tubuh Berenergi

Bagi orang-orang yang suka olahraga lari, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berlari. Salah satu yang utama adalah asupan nutrisi. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, tubuh akan kekurangan energi saat berlari dan mudah mengalami kelelahan.

Oleh karena itu, sebaiknya tiga hingga lima jam sebelum berlari kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Mengapa harus diberi jarak 3-5 jam sebelum berlari? Karena berlari tepat setelah makan juga tak baik untuk pencernaan. Makan pun juga harus makan makanan yang sehat ya, dilansir dari Merdeka.com, berikut beberapa makanan yang bagus dikonsumsi sebelum berlari.

 

1. Pisang

Pisang mengandung banyak karbohidrat dan kalium sehingga dapat memberikan energi besar bagi tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan dan vitamin B-6 yang mampu meningkatkan stamina dan menjaga kadar glukosa darah. Cocok sekali dimakan sebelum olahraga.

2. Yogurt

Makanan lain yang dianjurkan dimakan sebelum lari adalah yogurt. Sebab, bakteri yang terkandung di dalamnya bagus untuk pencernaan. Protein di yogurt juga mampu mencegah kamu merasa kelaparan saat berlari karena efek makan pisang yang mengenyangkan tapi tidak membuat perut penuh.

3. Selai kacang

Seoles selai kacang mengandung sedikit protein dan lemak yang mampu membuat perut merasa kenyang tetapi tidak berlebihan. Supaya lebih bernutrisi, makan selai kacang dengan roti gandum. Roti gandum sendiri mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi menjaga energi tubuh selama olahraga lari.

4. Oatmeal

Makanan berkarbohidrat lain yang bagus dikonsumsi sebelum berlari adalah oatmeal. Sama seperti pisang, mengonsumsi oatmeal juga dapat membuat Anda memiliki energi penuh saat berlari. Apabila ingin memperoleh nutrisi lebih lengkap, Anda juga bisa makan oatmeal dengan pisang.

5. Pasta

Pasta menjadi salah satu makanan yang dianjurkan karena mudah dicerna oleh tubuh. Kita memang sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna sebelum lari karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Itu adalah kelima makanan bernutrisi yang sebaiknya kita konsumsi sebelum melakukan aktivitas lari. Saat mengonsumsinya, lengkapi dengan segelas susu yang mengandung banyak vitamin agar kebutuhan energi kian tercukupi.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading