Sukses

Health

6 Cara Diet Simpel dengan Tetap Bisa Makan Enak

Ingin diet atau menurunkan berat badan dengan tetap bisa makan enak? Ada caranya kok. Ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti agar dietmu berhasil tanpa meninggalkan makanan kesukaanmu.

Diimbangi dengan menjaga pola hidup sehat dan olahraga teratur, cara-cara ini bisa membantumu untuk menurunkan berat badan dengan tetap bisa makan enak. Berikut info lebih lengkapnya.

1. Kunyah makananmu pelan-pelan

Seperti yang dikutip dari livestrong.com, para peneliti membuktikan bahwa otak butuh waktu beberapa saat untuk memproses informasi ketika perut sudah lapar. Dengan kata lain, kalau kamu makan terlalu cepat, otak bahkan kesulitan untuk menangkap sinyal kalau sebenarnya kamu sudah kenyang. Akibatnya kamu jadi kebablasan mengonsumsi kalori berlebihan. Solusinya adalah kamu perlu mengunyah makananmu pelan-pelan, setidaknya satu suapan perlu dikunyah sekitar 10 kali.

 2. Rutin sarapan sehat

Diet bukan berarti melaparkan diri. Kamu tetap perlu sarapan pagi setiap harinya. Coba pilih menu sarapan yang kaya serat dan protein untuk memberimu cukup energi beraktivitas sepanjang hari.

3. Perbanyak jalan kaki

Ini juga penting nih. Kudu tetap banyak gerak dan beraktivitas. Minimal kamu bisa memulai kebiasaan untuk jalan kaki sekitar 15 menit setiap kali selesai makan siang. Atau untuk perjalanan jarak dekat, kamu bisa memilih jalan kaki daripada naik kendaraan.

4. Tidur cukup 7-9 jam setiap m alam

Dikutip dari webmd.com, ilmuwan menemukan bahwa kurang tidur bisa memicu naiknya berat badan. Orang dewasa secara umum butuh 7-9 jam tidur setiap malamnya untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Soalnya kalau kurang tidur dan tubuh kelelahan, tubuh akan terdampak perubahan hormon yang memicu rasa lapar.

5. Minum cukup air putih

Tahu nggak kalau kita cenderung gampang lapar saat haus? Nah, untuk mengatasi persoalan ini, kunci utamanya adalah cukupi kebutuhan minum air putih. Umumnya orang dewasa butuh 2 liter air per hari tapi hal ini berbeda tergantung dari pola hidup, kebiasaan, dan aktivitas setiap harinya.

6. Hindari stres

Kebanyakan stres bisa memicu kenaikan berat badan karena efek dari hormon kortisol. Hormon ini bisa memicu keinginan atau nafsu makan berlebih. Untuk itu, penting juga untukmu untuk mengondisikan tubuh dan pikiran agar tidak gampang stres agar berat badan tetap ideal.

Nah, tidak terlalu sulit kan untuk menerapkan tips-tips tersebut? Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading