Sukses

Health

6 Cara Diet Gampang Turun Berat Badan Tanpa Repot Hitung Kalori

Fimela.com, Jakarta Ingin diet agar bisa cepat menurunkan berat badan tapi bingung bagaimana cara menghitung kalori? Jika kamu bukan tipe yang kurang suka memerhatikan hal secara mendetail dan bahkan tidak punya banyak waktu untuk menghitung kalori, ada banyak cara agar bisa diet nyaman tanpa repot menghitung kalori. Coba sekian cara berikut ini.

1. Kurangi makan, banyak bergerak

Ini adalah aturan pertama yang harus kamu ingat sepanjang waktu selama diet jika ingin lebih cepat melihat penurunan berat badan. Tak perlu ribet mengetahui berapa kalori yang sudah kamu makan, kurangi saja porsinya sehari-hari dan mulai rutinlah olahraga setiap hari, paling tidak 30 menit dengan intensitas sedang hingga tinggi.

2. Kurangi makanan berlemak dan berminyak

Aturan kedua yang juga memengaruhi sukses tidaknya diet dan mempercepat penurunan badan adalah memilih makanan yang harus dihindari. Berhenti makan makanan yang digoreng, berminyak, bersantan, dan berlemak. Ganti makan makanan yang lebih sering dikukus, rebus, panggang oven dan ditumis.

3. Makan lebih banyak sayur

Cara ketiga adalah perbanyak konsumsi sayuran, dan sesekali buah. Mengapa makan buah perlu dibatasi? Buah perlu dibatasi terutama jika kamu hanya suka makan buah yang rasanya manis, yang mana tetap saja memiliki kalori tinggi dari gula. Sebaliknya, sayuran cenderung tidak memiliki kadar manis yang tinggi seperti buah dan juga lebih tinggi serat, yang mana sangat bagus menjaga kelancaran pencernaan sekaligus membuat perut kenyang dalam waktu lama.

4. Kurangi makanan instan dan kemasan

Makanan seperti sosis, nugget, ham, smoked beef, patty, pizza dan berbagai macam makanan kalengan memang enak dan praktis dimasak, tapi juga tinggi kalori terutama sodium yang menjadi penyebab inflamasi dan menahan air di dalam tubuh sehingga tubuh cenderung bengkak dan berat.

5. Tidur 8 jam per malam

Stop kebiasaan begadang mulai sekarang dan mulailah mengatur jadwal tidur yang ideal. Mendapatkan istirahat yang cukup bukan hanya mampu menurunkan tingkat stres dalam tubuh tapi juga membantu optimalisasi metabolisme, pembakaran lemak dan fungsi hormon tubuh. Banyak penelitian telah membuktikan tidur yang cukup efektif menurunkan berat badan.

6. Minum banyak air putih

Kesadaran tinggi untuk cukup minum air putih seringkali diabaikan banyak orang yang ingin diet. Padahal air putih bukan hanya berfungsi untuk membersihkan sistem pencernaan dan menjaga aliran darah yang lancar tapi juga membuatmu tidak tergoda ngemil banyak makanan. Setiap kali ingin ngemil, minumlah air putih agar kenyang.

Jadi, intinya jika ingin diet dan menurunkan berat badan cepat tidak harus tahu berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kamu hanya perlu sekian hal di atas agar sukses diet, Sahabat Fimela.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading