Sukses

Health

3 Cara Menggunakan Akar Ginseng dengan Baik

Ginseng adalah tanaman obat yang sangat terkenal manfaat kesehatannya. Kemungkinan produksi terbanyaknya adalah dari Korea Selatan, karena itu pula negara ini disebut dengan Negeri Ginseng. Berbagai suplemen, produk kecantikan, sampai metode perawatan berlomba-lomba menggunakan ginseng.

Sebelum akhirnya sampai di tangan kamu, sejak pembibitan hingga panen nyatanya tidaklah mudah bagi produsen ginseng. Meskipun ginseng budidaya sudah cukup baik, tapi harganya akan lebih mahal lagi jika kamu bisa membeli ginseng liar karena kandungan obatnya dianggap lebih kuat.

1. Dosis yang dianjurkan

Saking populernya akar ginseng ini, banyak orang yang mengonsumsinya secara berlebihan sehingga mengakibatkan efek samping pada tubuh. Khasiat yang baik pada ginseng menjadi rusak jika tidak digunakan dengan baik. Untuk itulah cara penggunaan ginseng yang baik harus diikuti. 

Dilansir dari asiachi.com, ini beberapa cara menggunakan ginseng dengan baik.

1. Dosis yang tepat

Dosis optimal mengonsumsi ginseng adalah 2-3 gram per hari. Bagi pencinta ginseng yang sudah sering mengonsumsi ginseng, biasanya sudah tahu jumlah takaran dan berapa kali pemakaian. Tapi bagi orang yang masih baru, ginseng sebaiknya dikonsumsi setiap hari atau 3 kali seminggu untuk memperkenalkan kandungan ginseng ke dalam tubuh, begitulah saran dari herbalis.

2. Diolah menjadi makanan dan minuman

Membeli akar ginseng akan menghemat uang dan dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Pertama, jika kamu membeli irisan ginseng. Irisan akar ginseng bisa dibuat teh. Caranya adalah dengan memasaknya dengan slow cook atau api kecil di panci teh yang terbuat dari perak atau gelas selama 1 jam.

Ginseng segar juga bisa dimasak sebagai sup bersama dengan daging ayam, sapi dan bahan herbal lainnya. Selain itu kamu juga dapat membuat bubuk ginseng dengan penumbuk ginseng kering. Bubuk ginseng ini bisa digunakan senagai campuran dalam makanan. Atau letakkan bubuk ginseng di bawah lidah agar senyawa ginsenocides dapat diserap langsung ke dalam aliran darah.

3. Dimakan langsung

Cara terakhir adalah dengan mengunyah akar ginseng langsung, baik dalam keadaan segar maupun kering layaknya memakan makanan biasa. Untuk ginsneg segar rasanya lebih renyah dengan rasa akhir phit. Untuk ginseng kering, bagai permen yang keras. Untuk membuatnya lebih empuk, kamu bisa merebusnya dengan cepat selama 5 menit dalam air mendidih. Minum airnya sekaligus kunyah ginseng.

Sekarang kamu tinggal memilih cara mana yang lebih cocok untuk dikonsumsi, amun tetap harus sesuai kebutuhan dan dosisnya ya Sahabat Fimela. 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading