Sukses

Health

5 Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Setiap hari, Sahabat Fimela perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menambah energi. Nasi merupakan sumber karbohidrat, yang berperan sebagai sumber energi terpenting bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber gizi terpenting untuk memberi energi ke otak.

Namun sayangnya nasi mengandung gula yang tinggi. Kandungan gula harus dihindari penderita diabetes dan pemilik kolesterol tinggi. Masih banyak jenis sumber karbohidrat lainnya, yang bisa membantu meningkatkan energi pada tubuh. Tentunya pengganti nasi sebagai karbohidrat ini lebih menyehatkan jika dikonsumsi.

Walaupun nasi adalah makanan utama yang bisa membuat perut kenyang, tapi tak usah khawatir dengan makanan pengganti nasi ini. Karena bisa membuat perut kenyang lebih lama dan berenergi. Berikut 5 jenis karbohidrat pengganti nasi yang memiliki banyak manfaat yang banyak:

Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi

1. Jagung

Jagung merupakan bahan pangan yang kaya akan kandungan karbohidrat, memiliki rasa yang manis dan teksturnya renyah. Jagung dapat dikonsumsi setelah direbus, atau dibakar dengan mentega rendah kalori. Jagung merupakan karbohidrat yang mengandung protein dan serat, sehingga aman dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

Jagung memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, bagi seseorang yang memiliki diabetes atau yang sedang menjalani diet. Jagung memiliki banyak kandungan nutrisi, sehingga jagung juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, dan cocok digunakan untuk menggantikan nasi putih.

2. Kentang

Kentang sering sekali digunakan sebagai alternatif makanan pengganti nasi, yang bisa menyehatkan tubuh, dan bagus dinikmati saat buka puasa. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, zat kolin, dan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kentang, bisa membantu menangkal radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel pada tubuh manusia.

Serat yang ada di dalam kentang tidak bisa diproses dalam tubuh, dan akan lansung diarahkan ke usus besar. Serat pada kentang bisa dijadikan sumber makanan untuk bakteri baik dalam perut. Sehingga kentang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih bagi pemilik kolesterol tinggi.

Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi

3. Singkong

Singkong merupakan sumber makanan pokok, yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Singkong sama sekali tidak mengandung lemak, namun memiliki kandungan tinggi serat, yang bisa membantu perut menahan lapar. Singkong memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan mangan yang bisa membantu memenuhi nutrisi pada tubuh. Mangan merupakan mineral, yang berfungsi membantu pembekuan darah, menguatkan tulang, dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Oatmeal

Oatmeal atau gandum utuh bisa menurunkan berat badan secara efektif, dan dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Oatmeal memiliki kandungan nutrisi, termasuk vitamin, mineral dan serat. Serat yang terkandung dalam oatmeal, bermanfaat membantu mengontrol kadar gula darah, dan membantu menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Kandungan karbohidrat dan kalori oatmeal lebih sedikit jika dibandingkan dengan nasi putih.

5. Kembang Kol

Walaupun terkesan sangat unik, namun kembang kol merupakan karbohidrat, yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Menurut ahli gizi dan ahli diet, Heather Mangieri, kembang kol merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan kaya akan vitamin. Kembang kol mengandung vitamin C, vitamin K dan folat, serta mengandung phytochemical dan antioksidan. Vitamin C dan vitamin K yang terkandung di dalam kembang kol, dapat membantu menetralkan radikal bebas.

Selain itu, kembang kol memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi kembang kol bisa membantu mengontrol kadar gula darah, dan membantu menjaga kolesterol di dalam tubuh. Kembang kol merupakan sayuran yang tinggi serat, sehingga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading