Sukses

Health

5 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Daun kersen atau yang biasa dikenal dengan talok, merupakan tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat. Tentunya daun ini bisa membantu menyehatkan tubuh, dan mencegah beberapa penyakit yang bisa menyerang sistem imunitas tubuh.

Pohon kersen atau talok sering kali kita dijumpai di kebun, di sawah, atau di pinggiran jalan raya. Pohon ini biasanya dijadikan tempat berteduh, dan buahnya bentuknya kecil bisa dinikmati karena rasanya manis dan berkhasiat. Sering kali, daun ini digunakan untuk mengobati kolesterol, agar terhindar dari penyakit jantung.

Selain buahnya, daun kersen juga bisa dikonsumsi dan dijadikan obat herbal. Daun kersen memiliki kandungan yang kaya akan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat-manfaat yang akan didapatkan, jika mengonsumsi daun kersen:

Manfaat Daun Kersen

1. Mengatasi Asam Urat

Manfaat yang pertama adalah mengatasi asam urat. Daun kersen sudah dipercaya sejak lama, untuk dijadikan obat herbal yang bisa menyembuhkan asam urat. Asam urat adalah penyakit nyeri sendi yang menyerang bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Asam urat bisa disebabkan karena faktor keturunan, purin yang berlebihan, obesitas, dan memiliki kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat. Untuk menyembuhkan penyakit asam urat, beberapa helai daun kersen yang dicuci bersih bisa direbus dengan air, dan air rebusan daun kersen itu bisa diminum setiap hari.

2. Mencegah Kanker

Daun kersen memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C, serta mengandung mineral seperti flavonioda, tannin dan saponin. Kandungan ini bisa membantu mencegah penyakit kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam daun kersen, bisa membantu menangkal radikal bebas yang menyerang sel imun tubuh, membantu mencegah kanker, dan membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit. Rutin mengonsumsi air rebusan daun kersen, dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker, dan membantu menguatkan sistem imunitas tubuh.

3. Mengobati Luka

Manfaat daun kersen yang selanjutnya adalah membantu mengobati luka. Daun kersen memiliki kandungan yang bersifat antiseptik dan anti inflamasi, yang berfungsi untuk membunuh kuman, dan meredakan peradangan pada luka. Daun kersen bisa dikeringkan terlebih dahulu, kemudian ditumbuk menjadi halus, dan tambahkan air hangat pada tumbukan daun kersen, lalu kompres luka dengan tumbukan tersebut, dan dibantu dengan meminum air rebusan daun kersen setiap hari.

Manfaat Daun Kersen

4. Mengatasi Insomnia

Semakin banyak pekerjaan, maka semakin sering juga orang dewasa yang begadang. Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering dialami orang-orang. Selain melembur pekerjaan, insomnia juga disebabkan karena stress, cemas, kondisi tubuh, penggunaan obat tertentu dan lain sebagainya. Ternyata daun kersen bisa dijadikan obat alami atau obat herbal, yang membantu mengatasi insomnia, atau kondisi susah tidur.

Daun kersen yang sudah dikeringkan, bisa direbus dengan air hingga mendidih. Walaupun rasanya agak pahit, namun ramuan ini harus rutin diminum setiap hari, teutama pada malam hari sebelum tidur, untuk membantu menjaga kualitas tidur dan tidak insomnia.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kersen yang terakhir adalah membantu menurunkan berat badan. Setiap orang pasti mengidamkan memiliki berat badan yang ideal, sehingga banyak hal yang dilakukan untuk membuat berat badan menjadi lebih ideal. Salah satunya melakukan diet.

Jika mengonsumsi air rebusan daun kersen setiap hari, maka kandungan yang ada di dalam daun kersen, akan membuat nafsu makan lebih terjaga dan berat badan juga lebih stabil. Daun kersen juga membantu meningkatkan stamina seseorang, agar lebih berstamina pada saat berolahraga dan melakukan aktivitas harian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading