Sukses

Health

9 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur yang Membuat Kolesterol Seimbang

Fimela.com, Jakarta Sering kali saat bangun tidur kita merasakan haus, tenggorokan kering dan juga kepala pusing. Hal ini terjadi karena tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan, setelah tidur semalaman. Kondisi tubuh yang dehidrasi akan sangat berbahaya.

Untuk mencegah dehidrasi, maka Sahabat Fimela harus mengonsumsi air putih saat bangun tidur. Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, agar tidak mudah sakit atau terserang infeksi virus. Air putih bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi seimbang.

Setiap harinya, orang dewasa harus memenuhi asupanĀ air putih sebanyak 2,5 liter atau setara dengan 8 hingga 10 gelas air putih. Terlalu banyak mengonsumsi air putih juga kurang baik untuk kesehatan. BerikutĀ manfaat minum air putih saat bangun tidur:

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat minum air putih saat bangun tidur yang pertama, yaitu membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena bisa membuat seseorang hilang fokus dan kelelahan. Untuk itu, air putih berfungsi untuk menghidrasi tubuh saat bangun tidur.

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Minum air putih bisa membantu mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Karena pada malam hari, tubuh banyak mengeluarkan racun dan perlu bantuan air putih, untuk membersihkan racun yang masih tersisa di dalam perut dan tubuh. Detoksifikasi ini juga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, dengan membuang kolesterol jahat melalui buang air besar.

3. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Minum air putih saat bangun tidur dan perut kosong, bisa membantu meningkatkan sistem imunitasi tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit atau terinfeksi oleh virus. Air putih juga bisa membantu menambah energi harian yang diperlukan oleh tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Air putih wajib dikonsumsi setiap hari. Apalagi jika kamu sedang menjalankan program diet. Selain menghidrasi tubuh, air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan saat diet, karena air putih berperan untuk memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

5. Mencegah Asam Lambung

Bagi orang yang memiliki asam lambung, biasanya sering kambuh di pagi hari karena perut kosong. Air putih bisa membantu menetralkan asam lambung, dengan menekan dan mengencerkan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Ā 

Ā 

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur untuk Kecantikan

6. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Minum air putih saat bangun tidur, bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Karena air putih berfungsi untuk melembapkan kulit, mencegah kulit kering, sebagai antioksidan, menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat minum air putih yang selanjutnya, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan rambut, agar tidak mudah rontoh, tidak bercabang, terlihat lebih berkilau, mengontrol produksi minyak di kulit kepala, dan menutrisi hingga akar rambut.

8. Mencegah Bibir Kering

Air putih memiliki manfaat untuk membantu mencegah bibir agar tidak mudah kering. Bibir kering bisa disebabkan karena kekurangan cairan, sedang sariawan, terlalu sering menggunakan lipstikĀ matteĀ dan terpapar sinar matahari. Untuk itu air putih berfungsi untuk mengembalikan kelembapan bibir yang kering.

9. Menyehatkan Kuku

Manfaat minum air putih dipagi hari yang terakhir, yaitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku. Air putih bisa mencegah kuku berubah warna jadi kuning, mencegah kuku pecah-pecah dan bisa menutrisi kuku yang kering.

Anjuran Mengonsumsi Air Putih

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan di dalam tubuh yang berbeda-beda. Perbedaan ini disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, usia dan aktivitasnya sehari-hari.

Tetapi pada umumnya, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5liter hingga 3liter setiap harinya, yang setara dengan 8 hingga 10 gelas air putih. Selain air putih, kamu juga bisa mendapatkan cairan dari sayuran atau buah-buahan, yang juga membantu meningkatkan kesehatanmu.

Lebih baik mengonsumsi air putih dengan cukup, sesuai dengan takaran kebutuhan harianmu. Karena terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan mual, muntah, pingsan, bahkan kematian karena kelebihan cairan dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading