Sukses

Health

7 Tanda Tubuhmu Kurang Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa manfaat air putih, seperti menjaga tubuh tetap terhidrasi, membuat konsentrasi, memelihara fungsi ginjal dan menjaga kesehatan sendi dan otot, sehingga penting untuk menjaga kebutuhan air setiap hari. Gejala yang bisa dikenali dari dari tanda tubuh kurang minum air putih, ini seperti kelelahan, sering sakit, kurang konsentrasi dan sebagainya. Jangan disepelekan, tubuh yang kurang minum air putih bisa berdampak pada kesehatan yang serius. Melansir dari laman Health Associates, Jumat (3/9/2021) ini 7 tanda tubuh kurang minum air putih.

1. Bau mulut terus-menerus

Air sangat penting untuk produksi air liur dan membantu membilas bakteri sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan air menghambat produksi air liur dan menyebabkan bakteri menumpuk di lidah, gigi, dan gusi, berkontribusi terhadap bau mulut. Jika dirimu mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, namun terus menderita bau mulut kronis, mungkin kamu tidak minum cukup air.

2. Kelelahan

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan hilangnya cairan secara keseluruhan dalam tubuh. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan penurunan volume darah yang memberi tekanan berlebih pada jantung untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ, termasuk otot. Kekurangan air dapat menyebabkanmu mengalami periode kelelahan dan energi rendah.

3. Sering Sakit

Air membantu membuang racun, limbah, dan bakteri dari tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi serta memperkuat sistem kekebalanmu sehingga tubuh akan lebih jarang sakit. Jika sepertinya dirimu rentan sakit, kamu mungkin perlu mulai minum lebih banyak air untuk menjaga tubuh agar bebas dari racun.

4. Sembelit

Air meningkatkan pencernaan yang baik dan buang air besar yang teratur dengan menjaga tinja tetap lembut dan memindahkannya dengan mudah melalui saluran pencernaan. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan tubuh menarik air dari tinja untuk mengkompensasi kehilangan cairan, yang menyebabkan tinja lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan.

5. Kulit kering dan kusam

Air menghidrasi dan mengisi sel-sel kulit untuk membuat kulit terlihat lebih cerah, sehat, dan lebih muda. Namun, kekurangan air dapat menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya yang menyebabkan kulit kering, terkelupas, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

6. Mengidam gula

Dehidrasi mengganggu kemampuan tubuh untuk mencapai simpanan glukosa untuk energi dan dapat memicu keinginan untuk makan makanan tinggi gula dan karbohidrat. Mengidam makanan manis yang tidak biasa dan tiba-tiba seperti cokelat, donat, kue kering, dan permen dapat menunjukkan bahwa tubuh sangat membutuhkan air bukan makanan.

7. Berkurangnya buang air kecil

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan sebanyak mungkin untuk mempertahankan fungsinya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan buang air kecil, salah satu tanda paling umum dari asupan air yang rendah. Kekurangan air dapat menyebabkan warna urin menjadi lebih gelap, bau lebih kuat, dan penampilan lebih keruh.

Itulah beberapa tanda jika tubuh kekurangan cairan yang bisa berdampak pada kesehatan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading