Sukses

Parenting

Jangan Beri Air Putih Pada Bayi, Ini Efek Samping dan Alasannya

Fimela.com, Jakarta Para ibu harus tahu jika memberikan air putih pada bayi tidak disarankan sama sekali. Sebab meski ini sudah jadi pengetahuan umum, masih banyak yang belum tahu dan mengerti apa alasan di baliknya.

Insider berbicara dengan dua ahli untuk mencari tahu mengapa air putih tidak baik untuk bayi. Pertama dapat mengganggu kebutuhan nutrisi bayi. 

Bayi tidak membutuhkan hidrasi ekstra yang disediakan air putih. Sebab semua sudah dipenuhi lewat ASI atau susu formula.

 

"Semua kebutuhan hidrasi sudah dipenuhi lewati ASI atau susu formula. Bahkan saat berada dalam cuaca panas," ujar ahli gizi anak Deborah Malkoff-Cohen, MS, RD, CDN, CDE.

Selain itu, air dapat mengisi perut mereka sehingga sulit untuk mendapatkan nutrisi yang benar-benar mereka butuhkan. Lalu kapan bayi bisa mulai diperkenalkan dengan air putih?

"Air tidak dianjurkan untuk bayi di bawah enam bulan karena dalam jumlah sedikit saja akan membuat perut kecil mereka terisi dan dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dalam ASI atau susu formula," timpal Malkoff-Cohen.

Air Putih pada Susu Formula

Memasukkan terlalu banyak air dalam susu formula juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Malabsorpsi nutrisi yang dapat disebabkan oleh air pada bayi juga merupakan salah satu alasan mengapa tidak boleh mengencerkan susu formula menurut Natasha Burgert, MD, FAAP, dokter anak di Kansas City.

Menurut HealthyChildren.org, sebuah situs web oleh American Academy of Pediatrics, kita hanya boleh menggunakan air yang dianggap aman oleh departemen kesehatan setempat. Penting juga untuk mengetahui bahwa mengencerkan susu formula dengan air ekstra (lebih dari instruksi) dapat menyebabkan kondisi yang disebut keracunan air yang berbahaya bagi bayi.

Memberikan bayi air tambahan, baik air putih atau dalam susu formula dapat mengacaukan elektrolit bayi yang bisa menyebabkan kejang. Sebab itu komposisi air putih pada susu formula harus benar untuk menghindari komplikasi.

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading