Sukses

Beauty

Seberapa Efektif Face Mist dari Air Mineral?

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, ramai di jagat media sosial khususnya Instagram dan TikTok yang mengganti penggunaan toner dalam tahapan skin care dengan menggunakan air mineral. 

“Kalian cuma butuh air mineral yang kayak Evian atau Nestle Pure Life atau semacamnya yang punya kadar pH yang cocok untuk kulit. Tinggal masukin ke botol, masukin kulkas, trus spray aja ke muka. Udah deh, itu seger banget,” ujar TikToker bernama Zahra (@cooperbaee) yang memberi penjelasan terkait penggunaan air mineral dalam tahapan skin care

Dirinya mengatakan, selain bisa dijadikan face mist, air mineral tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran toner. 

Pertanyaannya, apakah air mineral benar-benar efektif untuk digunakan sebagai skin care? Yuk, kita bahas satu persatu.

Manfaat air mineral untuk kulit

Dilansir dari Daily Sabah, air mineral adalah salah satu produk yang baik untuk kulit karena kandungan mineralnya yang kaya. Oleh karena itu, air mineral juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga kesehatan kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih lembap dan dapat menunda kerutan. 

Selain itu, air mineral juga bisa membersihkan, mendetoksifikasi lapisan atas kulit, menghidrasi kulit, mengurangi munculnya kantung di bawah mata, serta mencerahkan tampilan kulit secara keseluruhan. 

Tak berhenti sampai di situ, air mineral juga memberikan efek astringen, yang mana efek ini dapat secara drastis memperbaiki kondisi kulit tertentu. Lalu, air mineral juga mengandung sifat analgesik yang dapat membantu mengatasi masalah kulit yang parah, dan membantu memulihkan penampilan dan kesehatan kulit. 

Secara keseluruhan, air mineral adalah aplikasi perawatan kulit alami menyeluruh.

Dijadikan skin care alternatif

Seperti yang telah dijelaskan di atas, air mineral dengan pH tertentu seperti Nestle Pure Life dan Evian dimanfaatkan sebagai skincare. 

Berdasarkan informasi dari situs web resmi Nestle Pure Life, air mineralnya memiliki pH antara 6,5 dan 7,8. Lalu, Evian sendiri memiliki pH 6,75 yang mana kedua kadar pH ini dinilai sangat aman bagi kulit karena bersifat menyeimbangkan pH kulit yang normalnya memiliki kadar pH 5,5

Jika dilihat dari kandungan pH, dapat dikatakan air mineral tersebut aman dan sah-sah saja  untuk digunakan sebagai pengganti Face Mist karena air mineral tersebut berperan untuk menyeimbangkan pH kulit dan menghidrasi kulit.

Yang perlu kamu perhatikan

Namun, perlu dipertimbangkan lagi ketika kamu menggunakan kedua produk itu sebagai face mist ketika kamu sedang menggunakan makeup. Air mineral tidak memiliki kandungan yang sama seperti face mist pada umumnya, yang takutnya malah berpotensi merusak makeup kamu.

Selain itu, mungkin bukan hal yang bagus ketika air mineral tersebut dijadikan sebagai campuran toner yang biasanya kamu gunakan dalam urutan skin care. Hal ini dikarenakan toner sudah memiliki kandungannya sendiri. 

Jika kamu mencampurkan hal lain dalam produk skincare kamu, artinya kandungan dari skincare kamu akan berubah, dan akan mengubah komposisi serta manfaat dari skincare yang ada.

Jadi kesimpulannya, boleh saja untuk menjadikan air mineral tadi untuk dijadikan skincare alternatif, namun jika dilihat dari segi efek yang dihasilkan, pastinya tidak akan sama persis dengan penggunaan skincare yang biasanya kamu gunakan. So, bijak dalam memilih, ya!

Penulis: Chrisstella Efivania

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading