Sukses

Health

7 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Mengingat saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga di luar rumah atau berkerumun dengan banyak orang. Agar tetap bugar, ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi. Olahraga ini tidak butuh tempat yang luas dengan gerakan sederhana atau menggunakan alat-alat rumah tangga, sehingga sangat mungkin di dilakukan di dalam kamar atau teras, mulai dari push up, plank hingga angkat beban. Melansir dari laman Healthline, Senin (6/9/2021) berikut 7 olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi.

1. Melatih keseimbangan

Menantang keseimbangan adalah bagian penting dari rutinitas olahraga yang menyeluruh. Keseimbangan bermanfaat untuk gerakan fungsional, juga meningkatkan kekuatan di kaki dan tubuh secata keseluruhan. Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar bahu dan lengan ke bawah di samping tubuh. Ambil langkah ke depan dengan kaki kanan dan tekuk lutut kanan saat melakukannya. Dorong ke atas dari kaki kanan dan kembali ke posisi awal. Lakukan 10-20 kali setiap harinya.

2. Pushup

Pushup adalah salah satu gerakan berat badan paling dasar, yang dapat membentuk kekuatan otot dan dapat dilakukan di rumah. Tekuk siku dan mulailah menurunkan tubuh ke lantai. Jika dirimu tidak bisa melakukan pushup standar dengan bentuk yang baik, turunkan ke posisi lutut ke lantai. Lakukan 15-20 kali setiap latihan.

3. Squats

Squat meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah dan inti, serta fleksibilitas di punggung bawah dan pinggul. Karena mereka melibatkan beberapa otot terbesar di tubuh latihan juga berguna dalam pembakaran kalori yang besar. Mulailah dengan berdiri tegak, dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar bahu, dan lengan di samping tubuh. Dorong pinggul ke belakang dan tekuk lutut seolah-olah akan duduk di kursi. Lakukan pengulangan selama 20 kali.

4. Planks

Plank adalah cara yang efektif untuk mengencangka otot perut dan seluruh tubuh. Planking menstabilkan tubuh tanpa membuat punggung tegang seperti situp atau crunch. Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan dan kaki tertanam kuat di tanah, punggung lurus. Ambil napas dalam yang terkontrol sambil mempertahankan ketegangan di seluruh tubuh, sehingga perut, bahu, trisep, pinggul dan paha depan semua terlibat. Gunakan 30 detik untuk memulai kemudian tingkatkan waktunya.

5. Jembatan pinggul

Jembatan pinggul efektif bekerja di seluruh rantai posterior, yang tak hanya baik untuk kesehatan namun juga dapat memperindah bentuk tubuh. Mulailah dengan berbaring di lantai dengan lutut ditekuk, kaki rata di tanah, dan lengan lurus di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah lalu ngkat pinggul ke atas.

6. Angkat beban

Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan di gym menggunakan dumble atau barble. Kamu bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang bisa didapatkan di sekitar rumah, seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai.

7. Naik turun tangga

Meskipun gerakannya sangat sederhana, manfaat olahraga ini sangatlah luar biasa. Jika latihan ini dilakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki

Selain latihan di atas, kamu juga bisa melakukan latihan lainnya yang bisa dilakukan di rumah seperti sit up, plank samping, cruch atau jogging di sekitar rumah setiap harinya. Apalagi sekarang sudah banyak sekali tersedia aplikasi workout yang bisa kamu donwload pada smartphone.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading