Sukses

Health

Penelitian Menunjukan Setahun Lebih Pandemi Perempuan Lebih Mengalami Penurunan Olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik selama pandemi COVID-19. Namun, tidak semua orang bisa sama-sama aktif.

Perempuan umumnya kurang aktif dibandingkan laki-laki dan perbedaan antara gender dalam partisipasi olahraga ini memperburuk ketidaksetaraan gender dalam kesehatan.

Sejak Maret 2020, ketika negara-negara dan kota-kota di seluruh dunia memulai lockdown, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan kampanye #HealthyAtHome untuk mendorong populasi agar tetap aktif saat melakukan social distancing atau mengisolasi diri di rumah.

Kampanye tersebut merekomendasikan minimal 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang per minggu untuk orang dewasa dan minimal 60 menit sehari aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat untuk anak-anak dan remaja (usia 5-17).

Sejak pandemi COVID-19 dimulai, melalui pengamatan bahwa rutinitas latihan fisik masyarakat dapat terganggu. Tempat-tempat di mana orang-orang secara teratur aktif seperti pusat kebugaran dan taman mungkin telah ditutup sementara. Sementara di sisi lain, bekerja dari rumah dan sekolah online memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam memilih kapan harus berolahraga.

Penelitian terbaru The Conversation menunjukkan bahwa sementara orang menjadi lebih aktif secara keseluruhan sejak awal pandemi, kesenjangan dalam olahraga telah melebar antara jenis kelamin, pendapatan, ras, dan pendidikan.

Ketidaksetaraan gender dalam olahraga selama COVID-19

Ketimpangan dalam partisipasi olahraga lazim terjadi sebelum pandemi. Perempuan seringkali kurang aktif secara fisik dibandingkan laki-laki di seluruh kelompok umur karena peran dan tanggung jawab gender mereka, dan ini sering diperburuk karena ras, kelas dan kecacatan.

Analisis data dari proyek Understanding Coronavirus in America menunjukkan bahwa selama pandemi baik pria maupun wanita menjadi lebih aktif secara fisik. Namun, kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam partisipasi olahraga juga telah melebar secara substansial.

Dari Maret 2020 hingga Maret 2021 gelombang baru survei dilakukan setiap dua minggu, dengan total 24 gelombang data, partisipasi olahraga antara pria dan wanita meningkat selama awal pandemi (gelombang 2-6, April hingga Juni 2020 ). Sejak saat itu, bagaimanapun, berpartisipasi dalam olahraga sudah mulai berkurang.

Setahun setelah pecahnya pandemi (Gelombang 24), partisipasi olahraga di kalangan pria telah kembali mendekati level semula. Namun bagi wanita, partisipasi olahraga telah menurun secara signifikan ke tingkat yang bahkan lebih rendah dari tahun lalu.

Mungkin ada banyak alasan untuk ini. Perempuan seringkali menjadi memiliki lebih banyak tanggung jawab selama pandemi seperti merawat anak-anak dan merawat anggota keluarga lanjut usia. Banyak wanita juga merupakan pekerja penting (termasuk perawat dan pekerja layanan pribadi di panti jompo dan rumah sakit) yang mungkin tidak punya waktu untuk berolahraga.

Karena wanita cenderung melaporkan kesehatan mental yang lebih buruk daripada pria pada umumnya, partisipasi wanita dalam olahraga akan membantu mengurangi ketidaksetaraan gender dalam kesehatan.

Menurut data dari Canadian Perspectives Survey Series (CPSS). Ini adalah serangkaian survei online yang telah mengumpulkan informasi dari penduduk di seluruh Kanada sejak Maret 2020. Tiga gelombang pertama data CPSS (April, Juni, dan Oktober) digabungkan untuk memeriksa kesehatan mental dan perilaku latihan fisik masyarakat.

Menunjukkan bahwa selama pandemi, wanita melaporkan kesehatan mental yang lebih buruk daripada pria. Persentase pria yang lebih tinggi melaporkan kesehatan mental mereka sebagai "sangat baik" (26 persen) dan "sangat baik" (34 persen) dibandingkan dengan wanita (masing-masing 19 persen dan 33 persen).

Baik pria maupun wanita Kanada telah meningkatkan olahraga di luar ruangan karena alasan kesehatan antara April dan Oktober 2020. Secara khusus, olahraga memainkan peran penting dalam mengatasi kesehatan mental yang lebih buruk bagi wanita. Persentase berolahraga di luar ruangan karena alasan kesehatan lebih tinggi di kalangan wanita Kanada daripada pria antara April dan Juni 2020.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan selama COVID-19

Latihan fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik dapat mencegah penyakit kronis termasuk diabetes, obesitas, penyakit pernapasan dan hipertensi. Olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan tingkat energi, mengontrol berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Tetap aktif secara fisik selama pandemi dapat mempersiapkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh orang terhadap COVID-19, mengurangi kemungkinan gejala parah yang disebabkan oleh infeksi.

Seseorang yang berolahraga lebih sering selama pandemi dilaporkan memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Penelitian menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko depresi dan membantu menjaga ketenangan.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading