Sukses

Health

Hari Olahraga Nasional, Berikut Agar Olahraga Aman di Rumah Tanpa Takut Cedera

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 9 September diperingati dengan Hari Olahraga Nasional. Meski pandemi, aktif berolahraga harus tetap dilakukan untuk meningkatkan kesehatan hingga imunitas tubuh.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika olahraga apalagi berolahraga di rumah agar sahabat Fimela tidak cedera hingga tidak menyebabkan efek lainnya pada tubuh kita. Jangan sampai tadinya tubuh ingin sehat, justru menjadi sakit karena berolahraga.

Dokter saraf Dewanta Sembiring dari Ikatan Dokter Indonesia pun mengatakan jika ingin melakukan olahraga di rumah, hal pertama yang tidak boleh ketinggalan ialah pemanasan sebelum berolahraga.

Kemudian pakailah baju dan sepatu yang nyaman agar tidak cedera. Dan intensitas jangan berlebihan, lakukan secara perlahan.

“Saya dokter saraf menganjurkan pasien untuk olahraga 30 menit dengan intesitas sedang. Ulang 3-5x seminggu. Jangan terlalu diforsir, naikan intesitas secara perlahan,” ujarnya dalam acara virtual FWD Hospital Care Protection.

Ia mengatakan contoh olahraga dengan intesintas sedang seperti, jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

Mengecek kondisi tubuh

Selain itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama berolahraga, sahabat Fimela sebelum olahraga juga bisa mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Terutama bagi mereka berusia di atas 35 tahun atau memiliki penyakit seperti hipertensi.

Dan terpenting carilah olahraga yang sesuai kondisi tubuh. Jika lelah sebaikanya beristirahat, jangan memaksakan diri. 

Gunakan alat olahraga yang sesuai dan lingkungan yang tepat. Serta hindari gerakan berulang yang terlalu banyak, terlalu cepat, dan dalam waktu yang lama (overuse).

Agar lebih merasa terlindungi sahabat Fimela dapat memiliki asuransi agar tidak kebingungan lagi bila cedera harus rawat inap atau rawat jalan. Direktur Utama FWD Insurance Anantharaman Sridharan menjelaskan, FWD baru saja meluncurkan Hospital Care Protection untuk memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra.

“Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX,” ujarnya.  

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Prediksi Tren Industri Kecantikan Indonesia di 2022, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Hebat! Bulu Mata Palsu Produksi Purwerejo Mendunia, Diekspor hingga ke AS