Sukses

Health

5 Cara agar Tidak Menyalahkan Diri Sendiri dan Dapatkan Damainya Hati

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin pernah merasa menyalahkan diri sendiri akan sesuatu yang terjadi di masa lalu. Bisa jadi itu mengubah kehidupanmu tidak seperti yang kamu harapkan, membawa keburukan, kesedihan dan lain sebagainya sehingga menimbulkan penyesalan. Jika kamu masih sering menyalahkan diri sendiri, begini caranya agar kamu bisa mendapatkan kedamaian hati.

1. Ambil tanggung jawab

Bertanggung jawablah terhadap suatu kesalahan yang kamu lakukan, bukan selalu menyalahkan diri sendiri. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan atau mengembalikannya normal kembali. Jika kamu sudah bisa menujukkan tanggung jawab, maka secara alami kamu akan mampu memaafkan diri sendiri.

2. Ceritakan perasaanmu

Seringkali mencurahkan perasaan kepada sahabat atau teman terpercaya akan jadi tindakan yang paling kamu butuhkan ketika punya pikiran negatif, pesimis dan terlalu sering menyalahkan diri sendiri. Secara alami bercerita tentang keluh kesah kehidupan membuatmu merasa lega karena kekhawatiran, kecemasan dan rasa bersalahmu jauh berkurang membebani hati.

3. Belajar move on

Berhentilah melihat kegagalan atau kelemahan sebagai hal-hal yang menghentikanmu. Berhenti jugalah mendramatisasi kesedihanmu semisal kamu dalam situasi telah kehilangan seseorang yang kamu sayangi. Mulailah berpikir bahwa kehidupan akan tetap berjalan, jadi kamu harus ikut berjalan, bukannya bertahan hidup dengan selalu mengingat masa lalu.

4. Jernihkan pikiranmu

Terkadang tanpa sadar kamu hidup dalam pikiran yang negatif dan bertahan dengan hal itu. Belajar memfokuskan pikiran pada saat ini dan berusahalah mengikhlaskan masa lalu. Mencoba meditasi untuk menenangkan diri. Atur napas sambil menutup mata dan katakan pada diri sendiri, "Aku belajar dari kesalahanku dan aku akan melanjutkan hidupku."

5. Mencintai diri sendiri

Bersikap baiklah kepada diri sendiri dan belajar mencintai diri sendiri, karena kurangnya rasa cinta dan menghargai diri sendiri akan membuatmu mudah fokus pada hal-hal negatif di dalam diri. Fokus hanya pada sifat-sifat positif yang kamu miliki. Kurangi terlalu sering mengkritik diri sendiri karena kamu tahu dirimu hanyalah manusia yang bisa melakukan kesalahan kapan saja.

Jadi, belajarlah untuk lepas dari masa lalu dan jangan menyalahkan diri sendiri lagi ya Sahabat Fimela. 

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Cemas atau Merasa Depresi? Jauhkan Diri Sejenak dari Pekerjaan dengan Cuti Kerja
Artikel Selanjutnya
Dinamika Era Masyarakat 5.0, Peran Psikolog Klinis Turut Berubah Demi Kesejahteraan Jiwa Masyarakat