Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan, Punya Hobi Ini Membuat Hidup Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Bahagia adalah tujuan hidup semua orang. Mau banyak uang atau berkecukupan, bahagia adalah perasaan yang menjamin kehidupan seseorang lebih berarti dan memuaskan. Tapi apa sebenarnya yang mampu membuat seseorang merasa bahagia? Punya hobi mungkin salah satunya.

Pada dasarnya memiliki hobi apa pun yang disukai pasti akan membuat orang merasa bahagia, tapi menurut penelitian ada satu hobi sederhana yang bisa dilakukan siapa saja yang ternyata mampu membuat hidup lebih bahagia, hobi tersebut adalah bernyanyi.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa bernyanyi dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi Immunoglobulin A.

Bernyanyi membuat hidup bahagia

Bernyanyi juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengencangkan otot perut dan interkostal, serta melatih rongga paru-paru lebih luas dan tidak gampang ngos-ngosan. Bukan hanya itu, ketika pernapasan baik, maka tidur juga akan terasa lebih nyaman dann nyenyak. Seperti yang kita ketahui, orang yang tidurnya cukup tidak akan gampang marah.

Penelitian yang dilakukan di Harvard dan Yale University menunjukkan bahwa rajin bernyanyi mampu meningkatkan harapan hidup atau memperpanjang usia seseorang karena dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pikiran, serta meningkatkan rasa tentram dan sejahtera secara keseluruhan.

Jadi, jika kamu merasa punya hobi bernyanyi selama ini, bersyukurlah karena hobimu ternyata bisa membuatmu merasa lebih bahagia Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading