Sukses

Health

5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

Fimela.com, Jakarta Mungkin selama ini kita hanya beranggapan bahwa liburan hanya untuk bersenang-senang dan mengisi waktu luang. Tidak hanya itu saja, liburan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan jiwa kita, lho. Jadi, penting sekali untuk meluangkan waktu dalam seminggu untuk berlibur entah untuk beristirahat, menghabiskan waktu bersama keluarga atau pergi ke suatu tempat.

Berikut ini beberapa manfaat liburan untuk kesehatan fisik dan jiwa kita.

1. Meningkatkan perasaan bahagia

Penelitian mengatakan bahwa saat kita jauh dari kesibukan maka kita akan lebih mudah meningkatkan suasana hati kita. Liburan atau bepergian atau bepergian ke suatu tempat juga dapat melepaskan hormon kebahagiaan dalam tubuh kita, atau yang disebut dengan serotonin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik.

2. Meredakan stres

Meluangkan waktu untuk liburan dan istirahat sejenak dari pekerjaan akan memberimu waktu istirahat dan tidur yang cukup. Kamu juga dapat melupakan sejenak beban pikiran yang ada sehingga dapat mengurangi stres. Bahkan, manfaat liburan ini dapat dirasakan hingga 5 minggu setelah liburan itu berakhir.

3. Mengembalikan fungsi otak

Terlalu banyak pekerjaan dan pikiran sangat rentang sekali membuat kita mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Dengan liburan, kita akan membantu otak untuk mengembalikan energi agar otak kembali berfungsi dengan baik. Jadi, kamu akan lebih mudah berkonsentrasi dan lebih fokus.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan liburan akan membuat perasaan hati kita semakin bahagia yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik kita. Terlalu banyak pikiran dapat membuat kita stres dan kesehatan juga akan menurun. Jadi, ambillah sedikit liburan di sela-sela pekerjaan agar kondisi hati, pikiran dan badanmu tetap sehat.

5. Meningkatkan produktivitas

Jika terus-menerus bekerja tanpa istirahat akan rentang membuat kita jadi mudah bosan dan sangat lelah. Kondisi seperti ini sangat mudah membuat kita kehilangan konsentrasi sehingga tidak bisa maksimal dalam pekerjaan. Makanya, kita perlu mengambil liburan sesekali untuk menyegarkan pikiran agar lebih bersemangat setelahnya.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan dari berlibur, walau terlihat sepele ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental kita.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading