Sukses

Health

Hati-Hati! Makan Pepaya Berlebihan Bisa Picu Sejumlah Masalah Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Pepaya menjadi salah satu buah favorit dan dikonsumsi orang Indonesia sehari-hari. Buah ini sangat mudah diperoleh, bahkan pepaya bisa ditanam sendiri. Pepaya sendiri adalah buah yang sehat dan kaya kandungan nutrisi. Sebuah pepaya yang berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C tinggi dan serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 20 persen.

Pepaya dikenal dengan manfaatnya dalam melancarkan pencernaan. Meski pepaya menjadi salah satu buah yang sehat, namun ada beberapa dampak buruk yang dapat terjadi pada sebagian orang. Jika mengonsumsi pepaya berlebihan justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Terlebih lagi, seseorang yang sedang dalam pengobatan tertentu juga bisa merasakan dampak buruk dari pepaya. Berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi pepaya berlebihan yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Selasa (19/10/2021).

Gangguan Pernapasan

Jangan anggap sepele, pepaya ini memiliki kandungan enzim yang disebut papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan. Namun, bagi seseorang yang mudah alergi, enzim papain ini dapat menyebabkan demam, asma, sesak napas hingga hidung tersumbat. Dengan begitu, jika mengidap masalah tersebut sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi pepaya.

Kulit Menguning

Berwarna oranye, pepaya memiliki kandungan beta karoten di dalamnya. Ketika mengonsumsi pepaya terlalu banyak, maka ini akan membuat seseorang bisa mengalami perubahan warna kulit dalam kadar yang rendah dan disebut dengan kartenemia. Perubahan warna yang paling terlihat adalah pada telapak tangan dan telapak kaki. Jika hal ini terjadi pada kulitmu, kurangilah konsumsi pepaya.

Keracunan Hingga Pembentukan Batu Ginjal

Seperti yang diketahui, pepaya mengandung vitamin C yang tinggi. Zat ini memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit, mencegah kanker bahkan menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi pepaya berlebihan, maka kamu juga akan berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C. Maka, ini bisa menyebabkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang dapat berujung dengan pembentukan batu ginjal.

Masalah Pencernaan

Pepaya yang dikenal dengan tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun saat seseorang terlalu banyak konsumsi pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut. Kandungan enzim papain di dalam pepaya juga bisa picu masalah ini terjadi.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Sahabat Fimela. Jadi, konsumsi pepaya dalam jumlah yang tepat agar terhindar dari masalah kesehatan, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading