Sukses

Health

Kenali 6 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Makan

Fimela.com, Jakarta Kurang makan biasanya terjadi pada mereka yang sedang menjalani program diet. Umumnya, seseorang yang tengah diet akan menurunkan konsumsi makanan hingga berdampak terjadinya kurang makan. Jika dilakukan sesekali, hal ini mungkin tidak terlalu mempengaruhi tubuh. Namun, jika sering menerapkan kurang makan, sejumlah masalah kesehatan dapat dialami seseorang.

Terdapat batasan yang perlu seseorang sadari terkait perbedaan kurang makan dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Dalam permasalahan kurang makan akan timbul saat jumlah makanan yang masuk berada di bawah kebutuhan sehari-hari.

Dengan begitu, berikut 6 dampak masalah kesehatan yang muncul akibat seseorang kurang makan yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Selasa (12/10/2021).

1. Memiliki Tingkat Energi Rendah

Jika kamu kurang asupan kalori karena kurang makan, maka perasaan lelah akan timbul sepanjang waktu. Karena kalori merupakan hal yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar energi. Tak hanya perasaan lelah, kurangnya kalori dapat menyebabkan seseorang lemas dan kurang energi untuk beraktivitas sehari-hari. Maka, pastikan kamu sudah mengonsumsi kalori dengan cukup.

2. Kesulitan Tidur

Tak hanya terlalu banyak tidur yang bisa menyebabkan kesulitan tidur, nyatanya kurang makan dapat menjadi penyebab masalah tidur ini. Terdapat sebuah percobaan yang mengungkapkan ketika seseorang kurang makan, ia akan mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak. Saat kurang makan, biasanya mumbutuhkan waktu lebih panjang agar bisa tertidur dan hanya tidur nyenyak sebentar.

3. Kedinginan Sepanjang Waktu

Kondisi kedinginan meski tubuh merasa baik-baik saja bisa merupakan tanda seseorang kurang makan. Tubuh memerlukan pembakaran sejumlah kalori agar menciptakan panas serta menjaga tubuh tetap sehat dan nyaman. Jika merasa kurang nyaman, untuk mengendalikan temperatur tubuh yang nyaman akan menjadi sulit. Semakin sedikit kalori yang dikonsumsi, semakin mudah tubuh merasa kedinginan.

4. Rambut Rontok

Sudah menjadi hal yang umum terjadi ketika rambut rontok. Namun jika rambut rontok dalam jumlah banyak, ini bisa menjadi tanda karena kurang makan. Dalam menjaga pertumbuhan dan kesehatan rambut tentu perlu banyak nutrisi yang dibutuhkan. Rambut rontok bisa terjadi akibat kurangnya sejumlah nutrisi.

5. Merasa Cemas

Terdapat penelitian yang mengungkap sebagian orang yang diet dan kurang makan memiliki tingkat Depresi dan kecemasan yang tinggi. Disarankan bagi Sahabat Fimela yang sedang diet untuk mengonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 demi mencegah munculnya kecemasan ini.

6. Susah Buang Air Besar

Kurangnya makan bisa membuat seseorang mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Kondisi ini menyebabkan metabolisme yang dimiliki oleh seseorang menjadi lambat sehingga seseorang akan susah buang air besar serta tinja dapat mengeras.

Terlalu banyak makan ataupun kurang makan bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Maka, pastikan Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan yang cukup dan teratur, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Bibir Gatal yang Perlu Kamu Waspadai
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Kepala Sering Sakit yang Perlu Kamu Waspadai