Sukses

Health

Mengapa Kita Memejamkan Mata saat Berdoa? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu menyadari kebiasaan apa yang selalu dilakukan banyak orang ketika berdoa atau mengharapkan sesuatu dengan sangat khidmat dan khusyuk? Jika diperhatikan, orang sering menunduk atau memejamkan mata saat berdoa dan berharap dengan serius.

Tapi apa alasannya orang selalu memejamkan mata? Apa pengaruhnya kepada doa itu sendiri atau kepada diri sendiri? Ternyata secara ilmiah kita bisa menemukan penjelasannya.

Terlepas dari agama apa pun yang dianut seseorang, dilansir dari Howstuffworks, seseorang memejamkan mata saat berdoa karena dengan begitu ia bisa melenyapkan gangguan dari lingkungan sekitarnya dan fokus dengan masalah pribadinya.

Alasan menunduk dan menutup mata saat berdoa

Dengan memejamkan mata saat berdoa, kekuatan kedekatan antara umat dan Tuhannya juga lebih terasa. Bukan hanya itu, daripada menggunakan mata sebagai cara menyampaikan doa dan permintaan kepada Tuhan, manusia cenderung menggunakan hati agar keinginannya bisa tersampaikan.

Meskipun tidak ada ayat yang memaksa seseorang yang berdoa harus dengan menutup mata, namun secara alami manusia akan merasa perlu lebih kidmat dalam menyampaikan isi hatinya dengan cara tersebut.

Memejamkan mata, yang juga sering diiringi dengan menundukkan, juga tak lepas dari adat zaman dahulu ketika seseorang menghadap rajanya. Memejamkan mata dan menunduk merupakan suatu tindakan penghormatan.

Mengadopsi dari pose hormat tersebut, menutup mata selama berdoa menjadi cara yang tepat untuk menunjukkan kerendahan hati, sesuatu yang sangat penting ketika meminta belas kasih Tuhan.

Jadi, kini tidak heran lagi bukan mengapa kita sering berdoa sambil menunduk dan menutup mata?

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Dinamika Era Masyarakat 5.0, Peran Psikolog Klinis Turut Berubah Demi Kesejahteraan Jiwa Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan Bahan Alami Terbaru untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental