Sukses

Health

Bisa Berdampak Positif, 5 Hal Ini Jaga Jantung Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Memiliki hidup sehat dan umur panjang merupakan keinginan semua orang. Salah satu kunci dari hal tersebut adalah dengan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara rutin, tidak merokok dan gaya hidup sehat lainnya bisa membuat seseorang mendapatkan hasil yang baik dalam menjaga jantung agar tetap sehat.

Gaya hidup sehat yang tepat bisa menjadi cara mudah dalam mencegah timbulnya risiko penyakit jantung. Bahkan, sejumlah hal seperti aktivitas atau kegiatan sehari-harimu bisa mempersehat jantung tanpa disadari.

Dilansir merdeka.com, Senin (25/10/2021), John P. Higgins, MD, seorang profesor pengobatan kardiovaskular di The McGovern Medical School at the University of Texas Health Science Center at Houston (UT Health) mengungkap sejumlah cara agar jantung menjadi lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Gigi

Tanpa disadari, menjaga kesehatan gigi bisa menjadi salah satu cara yang berdampak positif pada jantung. Terdapat penelitian terbaru yang mengungkap bahwa menggosok gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jika kondisi kebersihan gigi buruk, maka dapat menyebabkan masuknya bakteri ke aliran darah. Dengan begitu, hal ini bisa berujung pada infeksi serta peradangan sistemik sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Tidur Cukup

Memiliki kualitas tidur yang buruk seperti kurangnya tidur dapat menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan jantung. Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan obesitas serta meningkatnya kolestrol dan hipertensi, di mana masalah tersebut memicu penyakit jantung.

Tidur dalam waktu yang cukup dan sesuai ritme sirkadian tubuh mampu membantu menjaga jantung agar lebih sehat. Tak hanya menjaga kesehatan jantung, memiliki jadwal tidur yang teratur dan tepat bisa membautmu tidur lebih nyenyak dalam jumlah yang cukup.

Hindari Polusi Udara

Ternyata, polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan masalah jantung, di mana terdapat kemungkinan terjadinya peradangan pembuluh darah, memperkeras arteri hingga berujung detak jantung tidak teratur yang mengarah pada serangan jantung serta stroke. Salah satu cara agar jantung tetap sehat adalah dengan menghindari diri dari polusi udara. Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa menggunakan pembersih udara dalam rumah.

Banyak Tertawa

Perasaan gembira dan tertawa bisa jadi obat terbaik dalam menjaga kesehatan jantung, sebab tertawa mampu meningkatkan fungsi vaskular dan menurunkan tekanan darah. Jika banyak tertawa, berarti stres juga bisa dikelola dengan baik. Ketika stres dapat diatasi, maka kurangnya risiko masalah tekanan darah dan kolesterol yang meningkatkan risiko serangan jantung pun dapat dicapai.

Memelihara Hewan

Tanpa disadari, memiliki hewan peliharaan dapat menjadi cara agar meningkatkan kesehatan jantung. Ternyata, memelihara hewan mampu membuat seseorang menjadi lebih gembira, tidak merokok serta tidak memiliki diabetes. Terdapat penelitian yang mengungkap bahwa memiliki hewan peliharaan bisa menangkal serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Tak disangka-sangka, ternyata sejumlah hal tersebut dapat membuat jantung lebih sehat dan menurunkan risiko masalah jantung. Dengan begitu, Sahabat Fimela bisa memiliki hidup sehat dan umur panjang!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Kepala Sering Sakit yang Perlu Kamu Waspadai
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Cracked Lips dengan 3 Tips Ini