Sukses

Health

Tak Hanya Gejala Covid 19, Berikut 7 Penyebab Hilang Indra Penciuman

Fimela.com, Jakarta Hilang indra penciuman atau biasa dikenal dengan anosmia, dapat membuat kita tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan kita tidak dapat merasakan bau yang ada disekitar. Perlu kamu tahu bahwa anosmia ini dapat berlangsung sementara maupun permanen.

Kondisi ini dapat mengiritasi lapisan hidung, seperti adanya alergi maupun pilek yang dapat menyebabkan hilan indra penciuman sementara, namun kondisi ini juga dapat serius jika mempengaruhi otak atau saraf, seperti tumor otak maupun trauma kepala yang dapat menyebabkan hilangnya indra penciuman.

Tentunya bagi kamu yang pernah mengelami hilangnya indra penciuman mungkin tidak dapat merasakan makanan sepenuhnya dan kehilangan nafsu makan. Hal ini tentunya dapat menurunkan berat badan dan membuat kamu Stress, mari kita cari tahu apa saja penyebab hilangnya indra penciuman:

1. Gejala Covid-19

Menurut Cleveland Clinic, termyata banyak orang yang sudah terkena covid 19 mereka akan merasakan gejala yaitu hilang indra penciuman maupun perasa.

2. Sinus dan Masalah Hidung

Salah satu penyebab yang paling umum dari hilang indra penciuman adalah sinus maupun masalah hidung, ketika kamu sedang mengalami sinus yang membengkak maupun tersumbat dengan lendir, maka akan memblokir reseptor bau pada jaringan hidung.

Kamu tak perlu khawatir bahwa kehilangan indra penciuman akibat hal tersebut biasanya akan bersifat sementara dan hidung akan kembali normal.

3. Gangguan Sistem Saraf

Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang terhubung dengan baik ke otak, jika kamu merasakan hilang indra penciuman maka bisa saja ada hal yang terjadi pada bagian sistem saraf.

4. Merokok

Tak hanya bau rokok, ternyata merokok juga dapat membuat indra penciuman kamu hilang. Merokok menjadi salah satu paparan yang dapat membatasi kemampuan untuk mencium bau, jika kamu mengurangi atau berhenti merokok maka indra penciuman biasanya indra penciuman kembali normal.

5. Iritasi pada Selaput Lendir

Sinus dan masalah hidung juga dapat dikaitkan dengan selaput lendir yang akan membuat indra penciuman hilang, hal ini juga diakibatkan oleh : Infeksi sinus, flu, merokok, influenza (rinitis alergi), dan pilek. Namun pilek dapat membuat hilang indra penciuman yang bersifat sementara, dan pada kasus ini anosmia akan hilang dengan sendirinya.

6.  Penyumbatan Saluran Hidung

Ternyata hilang indra penciuman juga dapat terjadi karena sesutau yang menghalangi aliran udara ke dalam hidung. Hal ini dapat termasuk seperti tumor, polip hidung, kelainan bentuk tulang hidung dan septum hidung.

7. Kerusakan Otak atau Saraf

Dalam hidung terdapat reseptor yang mengirimkan informaso melalui saraf ke otak, hilang indra penciuman dapat terjadi pada bagian dari jalur yang rusak. Hal ini juga dapat disebabkan karena, usia, penyakit Alzheimer, tumor otak, obat-obatan, dan beberapa antibiotik  lainnya.

Itulah beberapa penyebab dari hilang indra penciuman, namun kamu jangan khawatir bahwa ada beberapa penyebab dari anosmia yang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Perawatan yang dapat membantu dengan semprotan hidung steroid, berhenti merokok, dan obat lainnya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Agatha Christie Bertemakan Kriminal yang Paling Populer
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab GERD Kambuh dan Ciri-Ciri yang Harus Disadari

Live Streaming

Powered by