Sukses

Lifestyle

Kebocoran Cairan Otak ke hidung setelah Swab Tes COVID-19? Apa yang Sebenarnya Terjadi

Fimela.com, Jakarta Seorang perempuan berusia 40-an adalah orang pertama yang diketahui mengalami kebocoran cairan otak ke hidungnya setelah menjalani swab test di hidung untuk menguji COVID-19.

Perempuan tersebut memiliki cacat tengkorak dan tidak terdiagnosis, yang mencegah tulang menutup sepenuhnya. Kemungkinan saat dilakukan swab dapat memicu gejala, termasuk pilek dan sakit kepala.

Kasus, yang dilaporkan di jurnal JAMA Otolaryngolog Bedah Kepala & Leher, menyoroti pentingnya melatih dokter dan pasien tentang cara melakukan tes COVID dengan aman, terutama karena pengujian diperkirakan akan meningkat hingga 6 juta orang tes sehari pada akhir tahun.

Melansir businessinsider.com.au, perempuan tersebut pergi ke rumah sakit dengan sakit kepala, pilek, dan gejala lainnya. Dalam studi kasus tersebut ia menjalani tes COVID-19 saat berada di rumah sakit untuk operasi elektif. 

Segera setelah itu, dia mengalami pilek, sakit kepala, dan muntah. Pada saat ia kembali ke rumah sakit, dia juga mengeluhkan adanya rasa logam di mulutnya. Tak hanya itu, leher juga terasa kaku, dan sensitivitas terhadap cahaya meningkat.

Dokter di University of Iowa mencatat bahwa 20 tahun sebelumnya, ia mengalami kondisi yang menyebabkan tekanan di otak dan polip hidungnya diangkat.

Mereka menemukan cairan yang keluar dari hidungnya terbukti positif sebagai penanda cairan otak, dan pemindaian otak mengungkapkan ia menderita encephalocele. Ini adalah kondisi langka di mana tulang tengkorak tidak menutup sepenuhnya. Dengan menggunakan pemindaian sebelumnya untuk perbandingan, tampaknya dia telah mengidap kondisi tersebut setidaknya sejak 2017, meskipun tidak terdiagnosis.

Cairan serebrospinal bocor

Para dokter menyimpulkan bahwa tes COVID-19-nya kemungkinan tidak menyebabkan ensefalokel itu sendiri, melainkan memperburuknya, memungkinkan cairan serebrospinal bocor. 

Perempuan tersebut menjalani operasi untuk memperbaiki tengkoraknya dan, pada saat penulisan studi kasus, tetap di rumah sakit untuk mendapatkan cairan yang terkuras dengan aman dan potensi efek samping neurologis dipantau.

Tes COVID swab hidung, atau tes PCR, mendeteksi apakah virus saat ini ada di tubuh. Ini melibatkan dorongan pada hidung dengan plastik tipis tiga sampai empat inci di sepanjang dasar hidung melalui lubang hidung. Untuk sebagian besar orang, prosedur ini menyebabkan ketidaknyamanan selama lima hingga delapan detik.

Dr. Shawn Nasseri, ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan di Los Angeles, sebelumnya kepada Business Insider mengatakan beberapa dari pasien merasakan sakit tenggorokan karena usapan mencapai tenggorokan atau amandel, atau mendorong orang untuk bersin.

Tetapi sebagian kecil orang mengalami reaksi yang lebih buruk, dengan satu orang yang selamat sebelumnya mengatakan kepada Insider bahwa hal itu "menyiksa" dan menyebabkan dia pingsan.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading