Sukses

Health

7 Penyebab Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Selain kanker kulit ternyata kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang kerap terjadi pada perempuan. Walaupun kanker payudara bisa terjadi pada pria namun perempuan akan lebih sering terknena kanker payudara. Jenis kanker ini merupakan kanker yang terbentuk di sel-sel payudara.

Sebagian besar kanker payudara akan menyerang mereka yang berumur lebih dari 50 tahun. Akan tetapi perempuan yang berusia muda juga dapat terkena kanker payudara. Kamu tidak perlu terlalu khawatir bahwa kanker payudara dapat disembuhkan jika terdeteksi pada tahap awal.

Hal ini juga sangat penting bagi kamu untuk memeriksa payudara secara teratur untuk mengetahui perubahannya. Yuk, cek di bawah ini apa saja penyebab terjadinya kanker payudara:

1. Usia

Risiko terjadinya kanker payudara akan selalu meningkat seiring bertambahnya usia, kondisi ini paling sering terjadi pada perempuan berumur 50 tahun keatas atau perempuan yang akan memasuki masa menopause.

2. Faktor Genetik

Mungkin jika kamu memiliki keluarga dekat yang pernah menderita kanker payudara atau kanker ovarium, dapat membuat kamu memiliki risiko terkena kanker payudara. Akan tetapi kamu jangan khawatir, karena kanker payudara merupakan salah satu yang palung umum terjadi pada perempuan, kemungkinan hal ini bisa terjadi karena faktor genetik atau secara kebetulan.  

3. Riwayat Kanker Payudara atau Terdapat Benjolan

Selanjutnya jika kamu pernah menderita kanker payudara atau perubahan sel kanker pada saluran payudara, hal ini dapat memungkinkan kamu terkena kanker payudara. Benjolan jinak yang terdapat pada payudara bukan berarti kamu menderita kanker payudara, akan tetapi jenis benjolan ini dapat sedikit meningkatkan risiko terjadinya kanker.

4. Hormon

Hormon seterogen pada perempuan terkadang dapat merangsang sel kanker payudara dan menyebabkannya tumbuh, ovarium tempat sel telur yang memproduksi esterogen saat kamu mulai pubertas akan mengatur menstruasi. Akan tetapirisiko terkena kanker payudara mungkin sedikit meningkat dengan jumlah esterogen yang terpapar pada tubuh.

5. Faktor Gaya Hidup

Salah satu yang dapat memicu terjadinya kanker payudara adalah berat badan atau obesitas, jika kamu sudah melewati masa menopause dan kelebihan berat badan, hal ini dapat memungkinkan kamu berisiko terkena kanker payudara. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan jumlah esterogen dalam tubuh, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah masa menopause juga akan menyebabkan banyak esterogen yang diproduksi.

6. Alkohol

Minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, seseorang yang minum alcohol dalam jumlah kecil secara teratur akan memiliki risiko lebih terkena kanker payudara daripada orang yang tidak minum alkohol sama sekali.

7. Radiasi

Beberapa penyakit ada yang menggunakan prosedur medis untuk menggunakan radiasi, seperti sinar X dan CT scan, ternyata hal ini dapat meingkatkan risiko terkena kanker payudara.

 

Cara Mengobati Cancer Payudara

Kanker payudara juga dapat diobati dengan beberapa cara, tergantung kondisi penderita dan jenis dari kanker payudara. Berikut beberapa cara untuk mengobati kanker payudara:

  • Terapi Radiasi
  • Terapi Hormon
  • Kemoterapi
  • Prosedur Bedah

Itulah penyebab terjadinya kanker payudara yang harus kamu waspadahi. Jika kamu mengetahui terdapat benjolan sekitar payudara segera periksa ke dokter. Hal ini penting ntuk mengetahui penyebab benjolan tersebut dan cara pengobatannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading