Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Keputihan yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Keputihan adalah cairan yang keluar dari organ kewanitaan. Sebenarnya keputihan adalah siklus alami yang dilakukan tubuh, untuk membersihkan organ kewanitaan dari jamur, bakteri, parasit dan virus.

Sahabat Fimela harus mengenali cairan atau lendir keputihan yang dialami. Biasanya keputihan yang tidak normal akan berwarna hijau atau kecokelataan, mengeluarkan bau tidak sedap, menyebabkan gatal, dan keluar sangat banyak. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, salah satunya mengonsumsi makanan yang tidak sedap.

Jika mengalami keputihan tidak normal, sebaiknya segera konsultasi dokter dan hindari mengonsumsi makanan penyebab keputihan. Berikut beberapa makanan penyebab keputihan yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Keputihan

1. Mentimun

Makanan penyebab keputihan yang pertama adalah mentimun. Mentimun merupakan sayuran yang bisa dijadikan lalap, dan memiliki kandungan air yang banyak. Walaupun mentimun baik untuk dikonsumsi, tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi mentimun. Karena terlalu banyak mengonsumsi mentimun, bisa meningkatkan produksi hormon estrogen dan keputihan.

2. Saos Tomat

Sebaiknya hindari mengonsumsi saos tomat atau pasta tomat, karena bisa menyebabkan keputihan yang tidak normal. Saos tomat diolah atau diproses dengan fermentasi dan diberi ragi, sehingga kurang baik untuk kesehatan, terutama pada organ kewanitaan.

3. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung protein hewani yang tinggi. Kandungan di dalam telur ini, bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan keputihan. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi telur, agar terhindar dari keputihan tidak normal.

Makanan Penyebab Keputihan

4. Udang

Udang merupakan makanan laut yang tinggi akan protein. Terlalu banyak mengonsumsi udang bisa menyebabkan keputihan, kolesterol tinggi, meningkatkan risiko hipertensi dan alergi. Untuk itu, kurangi konsumsi udang agar terhindar dari keputihan tidak normal.

5. Makanan yang Mengandung Gula Tambahan

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan, bisa meningkatkan risiko jamur di area organ kewanitaan, karena kadar gula berlebih di dalam tubuh dapat membuat organ kewanitaan menjadi sangat lembap. Selain itu, makanan terlalu manis juga bisa menyebabkan diabetes dan obesitas.

6. Keju

Keju merupakan produk olahan susu yang sudah diproses. Sehingga keju mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Sebenarnya kandungan keju sangat baik untuk menguatkan tulang, tetapi terlalu banyak mengonsumsi keju bisa meningkatkan risiko keputihan.

Makanan Penyebab Keputihan

7. Tape Singkong

Makanan penyebab keputihan yang selanjutnya adalah tape singkong. Makanan ini diproses dengan fermentasi dan menggunakan ragi. Sehingga tape singkong bisa meningkatkan hormon tertentu di dalam tubuh, yang menyebabkan keputihan tidak normal.

8. Nanas

Buah nanas memiliki manfaat untuk mencegah peradangan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperlancar sistem pencernaan. Tetapi buah nanas tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil, dan dapat meningkatkan keputihan.

9. Gorengan

Walaupun gorengan sangat enak, tetapi sebaiknya kurangi mengonsumsi gorengan. Gorengan mengandung minyak jenuh, yang bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, gorengan juga bisa memicu munculnya jerawat di wajah dan menjadi penyebab keputihan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Kucing Melahirkan yang Melambangkan Keberuntungan
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Renovasi Rumah yang Menandakan Datangnya Sumber Kekayaan