Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Leukosit Tinggi yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Leukosit tinggi bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah, dan membahayakan tubuh. Saat seseorang mengalami leukosit tinggi, maka gejala yang akan dirasakan adalah demam, perdarahan, mudah memar, tubuh selalu terasa kelelahan dan pusing.

Leukosit yang tinggi disebabkan karena adanya peradangan, infeksi, alergi dan kanker darah. Leukosit tinggi atau leukotisosis ini, menyebabkan jumlah sel darah putih terlalu banyak di dalam tubuh, dan bisa menyebabkan kematian.

 

Leukosit tinggi juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, dengan mengonsumsi makanan penyebab leukosit tinggi. Agar produksi sel darah putih di dalam tubuh terkontrol, berikut makanan penyebab leukosit tinggi yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Leukosit Tinggi

1. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab leukosit tinggi yang pertama, yaitu makanan cepat saji atau fast food. Makanan cepat saji adalah makanan yang dimasak dengan sangat cepat, sehingga mengandung lemak jenuh, tinggi kalori dan juga tinggi garam. Sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah putih.

2. Makanan yang Dipanasi Ulang

Biasanya kalau ada makanan sisa, kita akan menyimpan makanan tersebut semalaman dan memanasi ulang makanan itu di keesokkan harinya. Makanan yang dipanasi ulang tidak baik untuk kesehatan, dan bisa jadi penyebab leukosit tinggi bahkan mengakibatkan kanker yang berbahaya, karena kandungan gizi di dalam makanan tersebut sudah berkurang.

3. Kue Manis

Sebaiknya hindari mengonsumsi kue manis seperti aneka macam dessert atau kue tart. Karena kue manis mengandung gula tambahan yang tinggi, sehingga meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, yang mengganggu produksi sel darah putih, melemahkan sistem imunitas tubuh, dan memicu penyakit diabetes tipe 2.

 

Makanan Penyebab Leukosit Tinggi

4. Makanan Terlalu Pedas

Sering mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan terganggu, maka sistem pertahanan tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak dari biasanya, dan imunitas tubuh akan melemah.

5. Makanan Berminyak

Makanan berminyak juga bisa menyebabkan leukosit tinggi di dalam tubuh. Bahkan makanan berminyak bisa memicu komplikasi penyakit yang membahayakan nyawa. Makanan berminyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, sehingga bisa merusak sistem imunitas tubuh, menyumbat aliran darah, dan menyebabkan obesitas.

6. Makanan Kemasan

Hindari mengonsumsi makanan dalam kemasan. Karena makanan kemasan mengandung bahan kimia yang bisa mengawetkan makanan tersebut. Bahan kimia itu bisa menyebabkan kanker dan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Selain itu, di dalam makanan kemasan mengandung gula dan garam tinggi yang tidak baik untuk tubuh.

7. Minuman Bersoda

Selain makanan, minuman bersoda juga bisa menyebabkan leukosit tinggi. Minuman bersoda mengandung kadar gula tambahan yang tinggi, dan tidak baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung alkohol juga sebaiknya dihindari, karena menyebabkan kerusakan pada organ-organ vital di dalam tubuh.

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi

Cara menurunkan leukosit tinggi ada beberapa macam, tergantung dari penyebab tingginya kadar leukosit di dalam tubuh. Leukosit tinggi bisa menandakan kondisi sindrom berbahaya, seperti hyperviscosity syndrome, saat aliran darah tersumbat oleh penumpukan sel darah putih di dalam sel darah merah.

 

Untuk menurunkan kadar leukosit tinggi di dalam tubuh, kamu bisa melakukan terapi agar tidak stres, mengonsumsi antibiotik untuk mencegah infeksi, mengonsumsi antihistamin untuk meredakan alergi, dan melakukan kemoterapi secara rutin.

Tentu saja pengobatan yang dilakukan untuk menurunkan leukosit tinggi, harus diawasi oleh dokter dan dikonsultasikan dokter terlebih dahulu. Karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian.

What's On Fimela
Loading