Sukses

Health

4 Tanda Kebugaran Menurun dan Tubuh Semakin Tidak Sehat

Fimela.com, Jakarta Jika punya tubuh bagus yang diberikan Tuhan, maka sudah semestinya dijaga dengan baik, salah satunya adalah dengan menjaga kesehatannya. Selama pandemi terkadang banyak orang menjadi terjebak gaya hidup sedentary, terlalu nyaman rebahan hingga lupa pentingnya menggerakkan badan.

Jika sudah begini, tubuh akan mengalami penurunan kebugaran dan semakin tak sehat karena tidak aktif bergerak. Ini sekian tandanya jika kebugaran dan kesehatan tubuhmu menurun.

1. Gampang lelah sepanjang waktu

Karena kurangnya aktivitas fisik atau gerakan tubuh yang aktif, secara alami tubuh akan kekurangan hormon endorfin. Ketikan kadar endorfin tubuh turun drastis, maka tubuh akan merasa lelah sepanjang waktu bahkan jika tidak melakukan apa pun.

2. Waktu tidur yang kacau

Banyak orang mungkin mengabaikan efek pentingnya jadwal tidur. Kacaunya jadwal tidur merupakan indikator buruknya gaya hidup. Kurang tidur bisa menyebabkan emosi tidak stabil, kadar stres tinggi dan kondisi tubuh tidak prima karena masih lelah.

3. Kenaikan berat badan

Ketika tidak melakukan banyak aktivitas fisik seperti olahraga atau tubuh aktif bergerak, maka makanan yang memiliki banyak kalori akan secara alami diubah tubuh menjadi lemak. Kalori dan lemak yang tidak dibakar akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat tubuh gemuk.

4. Susah fokus

Kurangnya aktivitas fisik ternyata juga bisa menurunkan kecerdasan otak, terutama dalam kemampuan mengolah informasi dan konsentrasi. Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa tubuh yang bergerak aktif mampu menajamkan pikiran, meningkatkan kewaspadaan dan membuat kinerja kognitif optimal.

Jadi, jika kamu merasakan sekian tanda di atas, kemungkinan besar kamu sudah dalam kondisi tubuh tidak bugar dan kesehatan menurun. Yuk segera rutin olahraga atau berkegiatan aktif, Sahabat Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading