Sukses

Health

7 Penyebab Kerutan di Bawah Mata Beserta Cara Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Keriput atau kerutan pada wajah merupakan penurunan fungsi dari elastisitas wajah sehingga kulit mengalami pengenduran, dan karena seiring bertambahnya usia maka kulit akan menjadi lebih tipis, lebih kering, kulit mengalami penurunan kelenturan dan kelembapan. Hal itu akan menimbulkan garis-garis halus, tekstur kulit yang tidak halus dan keriput pada kulit. Beberapa keriput dapat begitu nampak jelas di sekitar area mata, mulut dan leher.

Keriput tidak hanya disebabkan oleh bertambahnya usia saja, tetap ada beberapa hal lain yang juga dapat mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Seperti tingginya stres, tingkat polusi, perokok, pencemaran lingkungan, pancaran sinar matahari, radikal bebas dan sinar UV.

Dalam keadaan tersebut jika kulit tidak dirawat dengan baik maka kulit akan bertambah kering dan akan tampak lebih tua. Mengingat akan pentingnya dalam merawat kulit terutama pada wajah, banyak cara bisa kamu lakukan untuk mengurangi keriput terutama pada bagian bawah mata.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 7 penyebab kerutan di bawah mata beserta cara menghilangkannya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Kerutan di Bawah Mata

  1. Usia , seiring bertambahnya usia elastisitas kilit seseorang akan semakin berkungan. Hal ini sejalan dengan produksi lemak dan kolagen yang juga semakin menurun yang dapat membuat kulit cenderung lebih kering dan keriput.
  2. Menggunakan produk kosmetik yang juga bisa menjadi penyebab utama keriput pada kulit. Kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Lebih baik hindari make up jika tidak perlu.
  3. Paparan sinar matahari bisa merusak kulit dan menyebabkan keriput. Paparan sinar matahari terlalu banyak menyebabkan garis halus di sekitar mata dan bibir. Maka dari itu jangan lupa gunakan tabir surya saat mau bepergian.
  4. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh menyebabkan keriput pada kulit. Kulit akan kering dan tidak mampu menghasilkan sel-se baru. Sehingga menyebabkan garis halus pada kulit.
  5. Merokok menyebabkan berkurangnya pasokan darah dalam tubuh dan membuat munculnya garis halus dan kerutan di sekitar mata dan bibir.
  6. Diet terlalu ketat dapat menyebabkan munculnya keriput. Untuk itu kamu harus memiliki diet yang kaya mineral dan vitamin. Jangan sembarangan mengurangi asupan nutrisi agar tubuh kamu tidak kekurangan vitamin dan mineral.
  7. Gerakan wajah,  tahukah kamu jika wajah terlalu banyak bergerak atau berekspresi dapat menyebabkan keriput pada kulit? Tersenyum dan selalu cemberut dapat memunculkan garis halus pada mata dan bibir. Ikuti latihan yoga untuk membantu masalah ini.

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Bahan Alami

1. Istirahat yang Cukup

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang pertama ialah istirahat yang cukup. Seseorang yang kurang istirahat membuat tubuh menghasilkan hormon stres atau kortisol secara berlebihan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan pemecahan sel-sel di kulit.

Selain itu, saat istirahat usahakan tidur secara telentang, hal ini untuk menghindari kerutan di bawah mata. Sedangkan posisi tidur atau tengkurap dapat memicu terjadinya kerutan di bawah mata.

2. Mengonsumsi Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral yang dapat berperan sebagai anti biotik alami dalam mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif dalam meregenerasi dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga hal ini dapat menyingkirkan noda atau flek wajah dan menghambat proses penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat dari kentang, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu merebus dan menghaluskan kentang, lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada wajah hingga rata, diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

3. Mengonsumsi Alpukat

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata berikutnya dengan menggunakan buah alpukat. Kandungan vitamin E, vitamin C pada alpukat dapat membantu mencegah penuaan dini yang diakibatkan karena paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, beberapa kandungan tersebut juga dipercaya efektif menjaga kelembapan kulit wajah dan tetap kenyal.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata lainnya dengan menggunakan lidah buaya. Beberapa kandungan yang terdapat pada lidah buaya dipercaya efektif dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari laman Healthline, lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, E dan C dapat berperan penting dalam mencegah radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Selain itu, kandungan enzim pada lidah buaya juga dapat menghambat proses penuaan dini.

5. Mengonsumsi Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga berperan penting dalam menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah dan membantu mengencangkan kulit wajah.

Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian menggunakannya sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

6. Gunakan Es Batu

Sahabat Fimela bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Kerutan di bawah mata bisa disebabkan karena aliran darah tidak lancar. Penggunaan es batu ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga kerutan akan hilang dan kantong mata terlihat lebih cerah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading