Sukses

Health

7 Penyebab Kuku Hitam dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Memiliki kuku hitam bisa menyebabkan tingkat kepercayaan diri seseorang menurun. Kondisi kuku hitam ini juga bisa menyebabkan jari terasa sakit, tidak nyaman untuk beraktivitas dan terkadang baunya tidak sedap.

Sebenarnya kuku hitam bukanlah kondisi medis yang serius. Namun, kondisi ini harus dikonsultasikan pada dokter, jika kuku tumbuh dan warnanya tetap hitam. Kuku hitam bisa dialami di area kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku.

Ada beberapa penyebab kuku hitam, seperti kondisi medis, trauma atau jamur. Kuku hitam bisa dirawat dan diatasi tergantung dari penyebabnya. Berikut penyebab kuku hitam dan cara mengatasinya:

Penyebab Kuku Hitam

1. Sering Menggunakan Cat Kuku

Penyebab kuku hitam yang pertama, yaitu karena sering menggunakan cat kuku. Cat kuku memiliki kandungan bahan kimia, yang bisa menembus dan merusak lapisan keratin pada kuku. Selain itu, kandungan alkohol yang terdapat dalam pembersih kutek juga bisa menyebabkan kuku hitam.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur bisa jadi penyebab utama kuku berubah warna menjadi hitam. Infeksi jamur ini menyerang kuku kaki, yang diawali dengan kuku berubah warna menjadi putih atau kekuningan, hingga akhirnya kuku mengalami infeksi dan berubah warna hitam. Kondisi ini harus diatasi dengan segera, agar tidak menyebabkan kerusakan permanen pada kuku dan bagian tubuh lainnya.

3. Perubahan Pigmen Kuku

Tak hanya kulit saja yang bisa mengalami perubahan warna. Perubahan pigmen juga bisa berpengaruh pada kuku, sehingga warna kuku terlihat lebih kehitaman. Kondisi ini terjadi secara alami dan dipengaruhi oleh paparan radikal bebas atau pola hidup tidak sehat.

4. Menggunakan Sepatu Sempit

Kalau kamu sering menggunakan sepatu yang kesempitan, maka warna kuku akan terlihat menghitam. Sepatu yang sempit menyebabkan kuku tertekan dan mengalami trauma. Bahkan sepatu sempit juga bisa menyebabkan pendarahan di bagian bawah kuku.

 

 

Penyebab Kuku Hitam

5. Trauma

Kuku hitam bisa disebabkan karena trauma akibat terhantam benda keras, seperti tersandung batu, terlindas ban atau tertimpa barang berat. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawah kuku pecah, dan menyebabkan warna kuku menjadi hitam.

6. Melanoma

Melanoma adalah kanker kulit yang bisa menyebabkan kuku hitam. Saat seseorang mengalami melanoma, maka akan muncul bercak gelap di area kulit dan terbentuk di bawah kuku kaki. Kondisi ini terjadi secara perlahan dan susah untuk disembuhkan.

7. Kondisi Medis

Penyebab kuku hitam yang terakhir adalah karena kondisi medis, dan efek samping obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Kondisi medis yang menyebabkan kuku hitam adalah anemia, diabetes, penyakit jantung, atau penyakit ginjal.

 

 

Cara Mengatasi Kuku Hitam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kuku hitam. Jika kuku hitam disebabkan oleh infeksi jamur, maka gunakan salep atau krim anti jamur untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Jika jamur sudah tidak tumbuh di kuku, biasanya warna kuku akan berubah menjadi normal.

Kuku hitam yang disebabkan karena kondisi medis, bisa diatasi dengan perawatan dan pengobtan khusus. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, agar kondisi penyakitmu lekas pulih dan warna kuku berubah seperti biasanya.

Kemudian cara mengatasi kuku hitam karena trauma, biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Dan jika kuku hitam disebabkan karena melanoma, maka harus melakukan diagnosis lebih lanjut oleh dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading