Sukses

Health

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Berjalan

Fimela.com, Jakarta Ada cara agar kamu bisa berjalan lebih cepat, agar setiap langkah menjadi latihan kardio yang lebih intens. Berjalan dianggap cepat saat kamu mencapai kisaran 3 hingga 5 mph.

Berjalan dengan langkah cepat juga bisa disebut power walking, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini adalah cara bagus untuk memperkuat kaki, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesehatan kardio secara keseluruhan.

Namun, tidak seperti lari atau joging, berjalan memungkinkan kamu untuk aktif tanpa membebani tubuh. Para pakar biasa menyebutnya sebagai cardio LIIT atau latihan intensitas rendah, yang memiliki dampak yang lebih kecil pada sendi dan ligamen, serta memungkinkan kamu untuk mengontrol detak jantung dengan lebih mudah, seperti dilansir dari bustle.com.

Target detak jantung yang ingin dicapai saat meningkatkan kecepatan berjalan adalah 60 hingga 70% dari detak jantung maksimal, yang biasanya berada dalam kisaran 120 dan 140 detak per menit. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pastikan kamu mempertahankannya selama minimal 10 hingga 15 menit dan di bawah 60 menit.

Seperti halnya jenis olahraga lainnya, satu-satunya untuk menjadi lebih baik adalah dengan latihan. Lakukan jalan cepat 3 kali seminggu, hingga akhirnya kamu bisa meningkatkan kecepatan.

 

Tips berjalan lebih cepat

1. Gabungkan latihan kekuatan

Untuk menambah kecepatan berjalan, fokuslah pada latihan dan penguatan otot-otot yang mendorongmu maju, seperti glutes, betis, dan paha belakang. Untuk membidik area-area ini, lakukan latihan seperti glute bridges, forearm planks with toe taps, calf raises, dan monster walks with a resistance band above your knees.

2. Tambahkan pelatihan kelincahan

Latihan kelincahan, dengan fokus pada gerakan eksplosif dan mobilitas adalah cara lain melatih tubuh berjalan lebih cepat. Cobalah latihan seperti lompat kotak, lompat jongkok, lompat satu kaki, dan lompat katak yang bisa membantu melatih otot untuk bergerak dan merespons dengan cepat.

3. Mencoba latihan interval

Cara terbaik untuk berjalan lebih cepat sebenarnya adalah dengan santai, jadi bangun daya tahanmu melalui latihan interval atau latihan yang menggabungkan segmen usaha yang lebih intens dan periode kerja dan istirahat yang lebih ringan.

4. Peregangan secara teratur

Berjalan membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, inilah pentingnya melakukan peregangan secara rutin. Masukkan latihan mobilitas dan fleksibilitas juga akan menciptakan keseimbangan otot di pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan bahu, sehingga kamu bisa terus bergerak dengan mudah, lancar, dan kuat di setiap langkahnya. Keseimbangan dan keselarasan otot tidak hanya penting untuk meningkatkan kinerja, tapi juga menghindari cedera dan kekakuan pada tubuh.

5. Fokus pada bentuk

Jalan cepat akan terlihat dan terasa berbeda dari jalan biasa. Dengan sengaja menggunakan bentuk kekuatan berjalan yang tepat, kamu tidak hanya akan mendapatkan manfaat maksimal dari jalan kaki, tapi juga akan lebih mudah untuk bergerak maju.

Untuk bergerak lebih cepat, fokuslah pada berjalan dengan gerakan tumit ke jari kaki, dengan tangan terkepal di sisi tubuh, punggung lurus, dan otot inti bergerak. Lihat lurus ke depan saat kamu mendorong diri ke depan dari pinggul dan glutes, sesekali periksa apakah pinggul, lutut, dan kaki sejajar.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading