Sukses

Lifestyle

4 Macam Olahraga di Rumah untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Fimela.com, Jakarta Olahraga merupakan cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika tubuh aktif bergerak, imunitas tubuh akan meningkat sehingga lebih resisten terhadap paparan penyakit akibat infeksi, seperti COVID-19.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, WHO menyarankan masyarakat berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas olahraga sedang. Agar manfaatnya bisa didapatkan, olahraga juga mesti dilakukan secara berkelanjutan.

Olahraga tak selalu harus dilakukan di luar rumah. Di masa pandemi, ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah supaya lebih aman, dirangkum dari berbagai sumber berikut selengkapnya.

1. Jalan kaki

Tidak diragukan lagi, berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan jika dilakukan secara teratur. Jalan kaki dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat memperkuat mekanisme pertahanan alami tubuh kamu.

Bahkan, Harvard Health Publishing menyebutkan sebuah penelitian yang menemukan mereka yang berjalan selama 20 menit setiap hari memiliki risiko jatuh sakit yang lebih rendah.

2. Olahraga Kardio

Olahraga kardio, seperti lompat tali, jumping, naik turun tangga sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Latihan kardio sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru karena membuat aliran darah dan udara dalam tubuh menjadi lebih baik. Tentunya olahraga kardio bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Senam

Senam dengan berbagai kombinasi gerakan baik untuk menambah kebugaran serta meningkatkan energi tubuh. Selain itu, gerakan senam yang energik dengan diiringi lagu juga ampuh mengusir stres.

4. Yoga

Peregangan dan peningkatan fleksibilitas adalah jenis latihan penting lainnya yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Beberapa jenis latihan peregangan, terutama yoga dapat berdampak langsung pada kesehatan jantung dengan mengurangi kekakuan arteri, atau penebalan arteri yang terkait dengan tekanan darah tinggi dan stroke.

Latihan peregangan dan fleksibilitas juga dapat membuat latihan aerobik dan latihan kekuatan lebih mudah. "Mereka memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas aerobik dan latihan kekuatan kamu lebih efisien dengan mengurangi risiko cedera dan meningkatkan stabilitas," kata  Monisha Bhanote , MD, seorang internis.

Bhanote merekomendasikan setidaknya lima menit peregangan lima kali seminggu, baik sebelum dan sesudah latihan kamu. 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading