Sukses

Health

5 Tips Olahraga di Rumah agar Nyaman dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang, terlebih saat pandemi seperti saat ini. Olahraga membantu meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh. Meskipun gerak kita terbatas karena adanya pandemi, tapi kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Cukup dengan tempat dan alat seadanya.

Agar olahraga di rumah dapat kamu lakukan dengan efektif dan nyaman, kamu bisa mencoba tips berikut ini. Seperti yang dilansir dari laman Sun Life, Rabu (8/9/2021) inilah 5 tips olahraga di rumah.

1. Pilih tempat yang nyaman

Agar olahraga dapat dilakukan dengan nyaman, kamu dapat memilih sebuah tempat di rumah yang cukup luas dan tidak terlalu banyak barang, seperti ruang tamu atau teras. Tetapi jika olahraga yang kamu lakukan tidak membutuhkan gerakan luwes, seperti pushup atau plank, kamu bisa melakukannya di kamar tidur atau di atas kasur. Agar tetap fokus selama berolahraga, usahakan jangan berolahraga di tempat yang sama dengan tempat menonton tv atau ruang makan.

2. Gunakan pakaian olahraga

Menggunakan pakaian olahraga akan membantu meningkatkan semangat saat berolahraga. Mengenakan pakaian olahraga juga akan memberikan kenyamanan saat berolahraga, misalnya dengan kaos yang menyerap keringat dan sepatu anti licin yang dapat memudahkanmu saat melakukan gerakan.

3. Gunakan alat seadanya

Saat melakukan olehraga di rumah, kamu tidak harus menggunakan peralatan yang sama seperti di tempat gym. Karena kamu tetap bisa melakukannya dengan memanfaatkan pelatan rumah tangga. Misalnya untuk mengencangkan otot kaki, cukup lakukan dengan naik turun tangga atau saat ingin melatih kekuatan tangan dan otot, jika tidak ada dumble atau burble, kamu bisa menggunakan botol air minum bekas sebagai penggantinya.

4. Gunakan perangkat di rumah yang mendukung

Jika kamu memiliki speaker di rumah, kamu dapat menggunakannya untuk memandu senam atau pemanasan. Selain itu, kamu bisa menggunakannya untuk memutar musik agar lebih rileks selama melakukan peregangan atau yoga.

5. Mulai dari aktivitas ringan

Untuk membiasakan olahraga di rumah, mulailah dengan membuat daftar aktivitas ringan yang dilakukan terlebih dahulu. Jika kamu langsung membuat daftar aktivitas berat agar mendapatkan hasil yang maksimal, justru kamu akan malas melakukannya. Jadi, buatlah rencana yang realistis yang dapat dilakukan setiap harinya, misalnya berjalan santai 15 menit di hari pertama, push up 10 kali di hari kedua dan seterusnya.

Yang paling penting saat kamu ingin membiasakan olahraga di rumah ialah membuat jadwal teratur dan patuhi jadwal tresebut. Olahraga tidak harus berat atau membutuhkan biaya mahal, tapi pastikan kamu bisa konsisten melakukannya. Walaupun aktivitasnya ringan tetapi jika dilakukan terus menerus, pasti kamu akan menuai hasil yang maksimal. Apakah, Sahabat Fimela sudah siap membiasakan olahraga di rumah?

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Digunakan sebagai Alat Olahraga di Rumah
Artikel Selanjutnya
5 Keuntungan Olahraga di Rumah saat Pandemi