Sukses

Health

Cara Memilih Hand Sanitizer Agar Efektif Melawan Virus

Fimela.com, Jakarta Saat ini sanitizer baik hand sanitizer maupun surface sanitizer bisa dikategorikan menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat karena berperan penting terhadap kebiasaan baru dalam upaya menjaga kebersihan untuk pencegahan COVID-19.

Ketika bepergian, hand sanitizer menjadi salah satu benda wajib yang harus ada di setiap tas dan mobil. Di rumah pun, sanitizer terlihat hampir di setiap sudut ruangan. Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, menjelaskan, pada dasarnya hand sanitizer adalah produk alternatif apabila kita tidak dapat mencuci tangan langsung dengan sabun dan air mengalir.

Agar efektif mencegah infeksi COVID-19, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60%. Proses denaturasi alkohol dapat menonaktifkan sejumlah mikroba seperti virus dan bakteri dengan cara menguraikan proteinnya.

“Protein yang sudah terurai itu akan saling menempel, sehingga virus atau bakteri bisa lumpuh,” ujar Prof. Zullies. Namun, prof Zullie mengatakan masyarakat juga harus waspada akan kandungan senyawa alkohol yang terdapat pada hand sanitizer yang beredar.

Maka, hindari produk yang mengandung metanol atau dikenal sebagai alkohol kayu, karena biasanya senyawa ini digunakan untuk pelarut cat sehingga bersifat iritatif terhadap kulit dan beracun.

FDA Amerika Serikat dan HSA Singapore telah menarik sejumlah produk hand sanitizer yang positif mengandung metanol dan dinilai bahaya apabila digunakan secara intens dalam kurun waktu panjang.

“Pastikan hand sanitizer yang dipilih mengandung setidaknya 60% etanol, sehingga efektivitas dalam melumpuhkan virus sekaligus tetap aman ketika terserap kulit,” tambahnya.

Hand sanitizer serbaguna

Memahami pentingnya fungsi sanitizer dalam keseharian masyarakat, ‘Klarens’ menghadirkan rangkaian baru Klarens Anti Bacterial Sprist dan Klarens Home Bacterial Spray yang berfungsi efektif dalam membantu menjaga kebersihan dan kelembutan tangan serta memiliki sensasi aromaterapi yang memberikan efek relaksasi setiap kali digunakan. 

Tidak hanya untuk  tangan, rangkaian baru dari Klarens ini juga dapat digunakan untuk menjaga kebersihan permukaan benda. Format dan kemasan pada rangkaian baru inipun didesain agar Klarens dapat digunaakn secara efisien.

“Kami memperkenalkan rangkaian baru Klarens Anti Bacterial Sprist dan Klarens Home Bacterial Spray sebagai solusi bagi mereka yang mengharapkan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan hand sanitizer,” papar Adi Prabowo Sonorukminto, Creative Director Klarens Indonesia.

Klarens Anti Bacterial Sprist adalah pionir untuk konsep kemasan spray-mist yang diformulasikan dengan 73% etanol yang food grade, Castor Oil dan Vitamin E sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal, tidak membuat kulit kering meskipun sering digunakan, dapat digunakan untuk anak di atas 1 tahun, dan dapat digunakan untuk permukaan benda-benda sekitar juga. 

“Kemasan spray-mist (sprist) memberikan semprotan yang pas dengan pompa yang ergonomis sehingga memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan Klarens Sprist. Dapat digunakan hingga 500x semprot yang 10x lebih hemat dibandingkan tekstur gel dan 3x lebih hemat dibanding spray biasa,” ujarnya.

Sanitizer ini memiliki sensasi aromaterapi dari 2 pilihan aroma, Geranium Sea Salt dan Sandalwood.  Geranium dikenal sebagai anti depresan, dipadukan dengan Seasalt yang menyegarkan menghasilkan aroma relaksasi yang menyenangkan. Sedangkan Sandalwood atau cendana memiliki aroma luar biasa untuk relaksasi dan mengurangi gejala kecemasan.

“Untuk mendapatkan sensasi aroma ZEN dari Klarens Sprist, cukup 1-2x semprotkan di telapak tangan. Gosok perlahan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, dekatkan kedua telapak tangan ke arah muka dan rasakan ZEN moment dari kedua aroma Klarens Sprist. Untuk menjaga tangan tetap bersih dan lembut, semprotkan Klarens masing-masing 1x di setiap telapak tangan, gosok merata di tangan, tunggu hingga kering sepenuhnya. Lakukan berulang setiap 4 jam sekali untuk hasil yang optimal atau setiap kali menyentuh permukaan benda di tempat umum,” ujar Adi. 

Adi menambahkan, Klarens juga menyediakan kebutuhan sanitizer multifungsi yang dapat digunakan di rumah dengan menghadirkan Klarens Home Antibacterial Spray, mengandung 73% etanol dengan Castor Oil dan Vitamin E yang akan memberikan perlindungan terhadap kuman, tetap lembut di kulit, dan dapat digunakan juga untuk membersihkan permukaan benda-benda di rumah.

“Dengan wangi Lemongrass yang mampu meredakan Stress dan kecemasan, Klarens Home Antibacterial Spray menjadi produk andalan favorit keluarga di rumah,” tutup Adi.  

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Siap-Siap! Vaksinasi Booster akan Dilakukan Secara Masif
Artikel Selanjutnya
Pandemi Tidak Juga Membaik, PPKM DKI Jakarta Diperpanjang dan Naik ke Level 3