Sukses

Health

7 Cara Mencerahkan Gigi yang Mudah Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang cerah dan bersih menjadi sebuah impian bagi setiap orang. Dengan demikian, seseorang bisa meningkatkan rasa percaya diri saat tersenyum. Tidak heran jika berbagai macam cara akan dilakukan untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia perubahan pada warna gigi akan terjadi. Namun, ketika menerapkan cara mencerahkan gigi dengan konsisten, maka secara berkala gigi kuning akan bertahap cerah kembali. Namun terkadang, beberapa cara untuk mencerahkan gigi ini perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Merawat gigi penting dilakukan sebagai salah satu hal yang menunjang penampilan pada diri seseorang. Jangan khawatir, berikut beberapa cara mencerahkan gigi yang ampuh dan mudah dilakukan yang telah Fimela rangkum dari Medical News Today, Senin (6/12/2021).

1. Membuat Perubahan Pola Makan

Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti anggur dan teh dapat menodai gigi. Tak hanya itu, kopi, soda hitam dan jus juga bisa menodainya. Makanan asam pun mampu membuat gigi terlihat kuning dengan mengikis email.

Hindari konsumsi jeruk, kopi dan soda yang berlebihan atau alternatif lainnya adalah dengan rajin menyikat gigi setelah makan. Dokter gigi umumnya merekomendasi menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Asam dapat melemahkan email sehingga menyikat terlalu cepat dapat menyebabkan kerusakan.

Berhenti merokok pun mampu mengurangi risiko noda nikotin dan ini juga dapat mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi, di mana keduanya dapat merusak email dan menyebabkan masalah kesehatan mulut.

2. Oil Pulling

Apa itu oil pulling? Ini adalah istilah untuk mencuci mulut dengan minyak guna menghilangkan kotoran dan bakteri. Namun, oil pulling bukan pengganti menyikat gigi atau flossing biasa. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mencuci mulut dengan minyak tertentu dapat membantu mencerahkan gigi.

Oil pulling merupakan obat tradisional yang meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh. Bahkan dengan cara ini seseorang bisa menghilangkan bakteri yang berubah menjadi plak sehingga gigi tampak kuning.

Untuk melakukan oil pulling, masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut dan dorong serta tarik minyak melalui gigi. Hal tersebut aman dilakukan dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

3. Soda Kue

Dalam mencerahkan gigi dengan soda kue tentu sudah tak asing lagi. Soda kue ini dapat dengan lembut menghilangkan noda di permukaan gigi. Sebagian orang khawatir bahwa soda kue terlalu keras dan dapat mengikis email.

Namun, terdapat penelitian pada 2017 yang menemukan soda kue merupakan cara yang aman untuk menghilangkan noda. Soda kue pun dapat membantu untuk melawan bakteri, mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi.

Caranya dengan mencampur satu sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air, kemudian sikatlah pada gigi. Coba untuk melakukan ini 2-3 kali seminggu.

4. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah pencerah ringan yang mampu membantu dalam memutihkan gigi bernoda. Untuk mencerahkan secara optimal, seseorang bisa mencoba menyikat dengan campuran soda kue dan hidrogen peroksida selama 1-2 menit dua kali sehari dalam seminggu. Cobalah untuk melakukan ini sesekali saja.

Hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang atau bagi orang yang sudah memiliki gigi sensitif.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Papain dan bromelain yakni enzim yang terdapat pada pepaya dan nanas bisa membantu untuk mencerahkan gigi. Sebuah studi pada 2012 menemukan bukti awal bahwa solusi yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat menawarkan efek pencerah sederhana.

Baik buah ataupun sayur mentah yang renyah disebut sangat bagus untuk kesehatan gigi dengan menghilangkan plak saat dikunyah.

6. Pasta Gigi Flouride

Pasta gigi yang memiliki kandungan mineral fluoride, membantu mengembalikan mineral gigi, yang hilang karena asam yang berasal dari makanan-makanan yang manis. Menggosok gigi dengan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride, bisa membantu memperkuat lapisan enamel gigi dan mencerahkan gigi.

7. Menggunakan Cairan Kumur

Cairan kumur bisa membantu membersihkan sisa makanan, mencerahkan gigi, membunuh bakteri pada area gigi, dan membantu menyegarkan napas. Kamu bisa menggunakan obat kumur atau cairan kumur, setelah menggosok gigi atau melakukan flossing. Cairan kumur sangat mudah dibeli di toko maupun apotek.

Menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi yang baik adalah hal terpenting yang harus dilakukan setiap orang, lho Sahabat Fimela. Cobalah untuk menerapkan cara-cara diatas untuk mencerahkan gigi. Selamat mencoba!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading