Sukses

Health

Basmi Segera, Penelitian Membuktikan Lalat bisa Bawa Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Mungkin semua orang sudah tahu bahwa lalat adalah salah satu serangga pembawa penyakit. Diperkirakan ada lebih dari 600 bakteri berbeda yang dibawa oleh satu lalat. Itulah mengapa serangga ini bukan hanya menjijikkan namun juga perlu dibasmi. Terlebih lagi, studi terbaru menemukan bahwa lalat juga bisa membawa virus corona atau COVID-19.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Parasites & Vectors menemukan bahwa ada kemungkinan satu serangga, yaitu lalat rumah, bisa membawa dan menularkan COVID-19 selama 24 jam setelah terinfeksi. Para peneliti dari Kansas State University (KSU) dan Agricultural Research Service ini menyebutkan bahwa lalat rumah dapat membawa dan menularkan COVID-19 di tempat mana pun.

Lalat bisa membawa dan menyebarkan virus corona

Para peneliti mengujicoba lalat yang dibawa ke laboratorium untuk diberikan kontak dengan lalat yang terpapar COVID-19. Sampel dikumpulkan pada berbagai waktu setelah paparan. Peneliti menemukan bahwa lalat rumah dapat menyimpan dan menularkan virus COVID-19 dalam 24 jam setelah ia terpapar.

Dalam hal ini, peneliti menekankan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah penularan COVID-19 dari lalat ini terjadi secara alami atau adakah potensi implikasi kesehatan lainnya. Dilansir dari Verywell Health, Juergen Richt, PhD, direktur KSU's Center on Emerging and Zoonotic Infectious Diseases (CEZID) sekaligus penulis studi tersebut mengatakan bahwa dia dan rekan peneliti lainnya memutuskan untuk menguji transmisi lalat karena ada banyak kasus COVID-19 di mana kita tidak tahu bagaimana orang tersebut tertular virus.

Namun untuk berjaga-jaga sebagai perlindungan terhadap kesehatan, tak ada salahnya membasmi lalat yang berkeliaran di rumah sehingga tak menyalurkan bakteri maupun virus apa pun di rumah.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading