Sukses

Health

Permudah Bidan untuk Pantau Kesehatan Ibu dan Anak, Halodoc Rilis Aplikasi Bidanku

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya para orangtua, bidan juga memiliki peranan penting dalam memantau kondisi kesehatan ibu dan anak. Kabar baiknya, para bidan di Indonesia kini bisa melakukannya dengan menggunakan kecanggihan teknologi.

Memahami pentingnya peranan bidan dalam membantu menjaga kesehatan ibu dan anak, Halodoc resmi meluncurkan aplikasi Bidanku yang membantu operasional bidan memberikan pelayanan, khususnya pemantauan kesehatan ibu dan anak.

“Hari ini kami hadir dengan sebuah aplikasi Bidanku, asisten digital untuk bidan yang bisa memudahkan dan membantu bidan mengingatkan kunjungan secara otomatis untuk para pasien,” ujar Jonathan Sudharta, CEO & Co-Founder Halodoc, dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/2/2022).

Jonathan mengatakan, di tengah populasi penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta jiwa, akses layanan kesehatan masih menjadi tantangan bagi masyarakat di berbagai wilayah.

Oleh karena itu, dengan hadirnya aplikasi Bidanku diharapkan dapat menyasar perluasan akses kesehatan secara merata bagi masyarakat, terutama di daerah, dan fokus pada kesehatan ibu dan anak sejak dini.

 

Keistimewaan Aplikasi Bidanku

Dikembangkan sejak pertengahan 2021, aplikasi Bidanku memiliki tiga fitur utama, yaitu fitur pengingat pasien otomatis dan ringkasan kesehatan, manajemen pasien, serta in-app education library.

Fitur pengingat pasien bertujuan untuk meningkatkan dan memantau kunjungan kembali pasien sehingga mengurangi kemungkinan kehamilan berisiko tinggi yang tidak diketahui, memantau keberlanjutan kontrasepsi sebagai bagian dari program Keluarga Berencana (KB), serta mengetahui keberlanjutan imunisasi.

“Saat kehamilan, pesan pengingat ini membantu bidan mengingatkan ibu tentang jadwal kontrol kehamilan sehingga jadwal kontrol kehamilan ibu selalu tepat waktu dan kesehatan ibu selalu terjaga. Fitur ini juga memudahkan bidan mengingatkan ibu tentang jadwal imunisasi dan memantau kesehatan anak demi cegah stunting,” ujar Jonathan

Fitur Administrasi dan Edukasi Pasien

Kemudian fitur manajemen pasien, merupakan fitur untuk mempermudah administrasi bidan dalam satu klik. Fitur ini mendigitalisasi perawatan kesehatan keluarga dari kehamilan hingga imunisasi.

Terakhir fitur in-app education library, fitur ini berfungsi untuk membantu bidan dalam melakukan edukasi pasien dengan cara yang lebih interaktif. Fitur ini dikembangkan berdasarkan fakta bahwa bidan memiliki peran penting dalam mengedukasi pasien. Sehingga, materi edukasi yang interaktif akan membantu pasien memahaminya lebih baik.

Kedepannya, keberadaan telehealth diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Aplikasi Bidanku ini akan semakin memperkuat ekosistem teknologi Halodoc yang sudah ada saat ini yaitu untuk menyederhanakan akses kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading