Sukses

Health

Berikut Tanda Kecerdasan Emosional, Apakah Kamu Salah Satunya?

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosional adalah sesuatu yang ada pada diri kita dan tidak berwujud, yang mempengaruhi cara kita mengelola perilaku, menavigasi kompleksitas sosial, dan membuat keputusan pribadi untuk mencapai hasil positif. Ada banyak tanda yang bisa menyatakan bahwa kamu memiliki kecerdasan secara emosional.

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi cenderung mudah untuk mengatasi permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu kecerdasan emosional dapat memberikan efek untuk kesehatan mental yang lebih stabil. Dalam sebuah laporan yang dipublikasi oleh CNBC Internasional, disebutkan bahwa para pemimpin-pemimpin sukses dunia memiliki satu karakter yang membuat mereka berbeda. 

 

1. Dapat Mengontrol Emosi

Management diri adalah kemampuan untuk mengontrol dirinya atas emosi dan dorongan yang mengganggu. Orang yang mempunyai kemampuan ini akan dapat mengontrol emosinya dan mama menyeimbangkan perasaannya untuk kebaikan diri sendiri maupun orang lain. 

Orang yang tidak mampu untuk mengontrol dirinya sendiri akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosinya sendiri. Mereka cenderung untuk cepat marah, memberontak, gampang terpengaruh dengan lingkungannya, sehingga mereka dapat menciptakan masalah dengan sekitarnya. Lebih parah, dapat mengakibatkan individu berperilaku kriminal. 

2. Berempati tinggi

Orang yang mampu berempati kepada orang lain cenderung disukai oleh lingkungannya. Ciri-ciri manusia yang memiliki empati yaitu, menjadi pendengar yang baik, memahami perasaan orang lain, selalu mengusahakan untuk membantu orang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain, dan suka merasa lelah dengan situasi sosial yang ada.

Perasaan Empati sendiri merupakan perasaan dimana individu dapat merasakan, membayangkan apa yang orang lain rasakan. Perasaan ini dapat membangun kepercayaan antar individu. Hal yang memengaruhi empati bermacam-macam salah satunya pengalaman masa lalu.

3. Tidak menyimpan dendam

Orang yang memiliki kecerdasan emosional adalah orang yang tidak menyimpan amarah atau dendam dalam hatinya. Dendam atau amarah biasanya adalah respon stres dari suatu pengalaman masa lalu, cara Pandang terhadap lingkungan dan masa lalu. 

Menyimpan dendam mempunyai banyak efek negatif diantaranya selain merusak kesehatan fisik juga dapat merusak kesehatan mental secara jangka panjang. Jika orang memiliki kecerdasan emosional yang baik, mereka tidak akan berlama-lama menyimpan amarah dalam hati karena mereka lebih fokus pada aksi dan solusi untuk keluar dari ancaman. Karenanya, mereka dapat memproduksi emosi yang lebih positif. Selain itu, memaafkan dapat membantu kita dalam merasakan kedamaian.

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading