Sukses

Health

5 Penyebab Leher Tegang dan Kaku Beserta Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Sakit leher atau leher terasa tegang dan kaku merupakan kondisi yang umum dirasakan oleh semua orang. Biasanya, kondisi ini akan membaik beberapa hari kemudian meskipun tidak diobati.

Bagi sebagian besar orang, leher tegang dan kaku merupakan kondisi yang wajar dan tidak berbahaya. Tapi jangan salah Ladies. Dikutip dari laman healthline.com, leher kaku bisa menjadi tanda dari beberapa penyakit berbahaya seperti halnya darah tinggi, adanya saraf leher yang terjepit atau karena gejala awal dari meningitis.

Sebenarnya, leher yang tegang dan kaku ini disebabkan oleh apa sih? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan leher kaku, mulai dari efek stres hingga gejala penyakit berbahaya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab leher tegang dan kaku beserta cara mengobatinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Beban Pikiran atau Stres

Penyebab pertama dari leher tegang dan kaku adalah beban pikiran yang terlalu berat atau stres. Ketika seseorang dilanda stres berat, tidak jarang hal ini akan membuat lehernya sakit dan kaku.

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan jika beban psikologis menjadi penyebab utama dari beberapa penyakit termasuk leher kaku. Jika kamu ingin terbebas dari segala penyakit termasuk bebas dari leher kaku, usahakan agar tidak terlalu stres ya.

2. Faktor Kelelahan

Penyebab kedua dari leher tegang dan kaku adalah kelelahan. Lelah yang berlebihan dipercaya akan membuat seseorang lebih mudah terserang leher kaku.

Aktivitas yang berat dikatakan akan membuat otot-otot di tubuh menjadi tegang. Ketika otot di tubuh tegang, secara tidak langsung hal ini juga akan membuat otot leher tegang dan terjadilah leher kaku atau kram leher.

Selain kelelahan, rasa lapar berlebih juga bisa menyebabkan leher kaku. Mungkin, leher kaku karena kelaparan jarang terjadi. Tapi jangan salah, beberapa kasus menunjukkan bahwa kelaparan menjadi penyebab dari leher kaku.

3. Posisi Tidur Yang Tidak Tepat

Hal selanjutnya yang membuat leher mengalami kaku atau kram adalah posisi tidur yang tidak tepat atau salah. Dari banyak kasus yang ada, para penderita leher kaku mengaku merasakan sakit leher saat ia bangun tidur.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk memakai bantal yang nyaman. Usahakan pula agar tidur dalam posisi yang paling nyaman. Jika terlanjur mengalami leher kaku, ringankan hal ini dengan memijat lembut leher kamu dan istirahat cukup.

4. Jarang Melakukan Peregangan

Penyebab leher tegang dan kaku selanjutnya adalah jarang bergerak atau tubuh yang terlalu pasif. Para ahli mengatakan bahwa tubuh yang jarang bergerak akan menjadikan tubuh mudah lelah, leher kaku dan sakit semua.

So, usahakan agar memiliki gerak yang cukup ya Ladies. Usahakan pula agar olahraga cukup setiap hari.

5. Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi

Untuk penyebab leher tegang dan kaku selanjutnya adalah kolesterol tinggi dan darah tinggi. Jika kamu berisiko mengalami kolesterol tinggi dan darah tinggi, tidak jarang hal ini akan menyebabkan leher kaku atau sakit.

Tak hanya leher kaku, kolesterol tinggi dan darah tinggi ini juga ditandai dengan rasa sakit serta penat di pundak. Jika kamu mengalami hal ini, segera periksakan segera kondisi kesehatan kamu ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Cara Mengobati Leher Tegang dan Kaku secara Alami

Saat ini banyak obat oles yang bisa membantu kamu menyembuhkan leher tegang dan kaku. Namun, penggunaan obat oles secara terus menerus justru bisa berdampak negatif pada kulit leher bahkan iritasi. Mengingat hal ini, untuk mengatasi leher tegang dan kaku bisa menggunakan bahan alami, beberapa diantaranya: 

1. Es

Selain dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, es disinyalir bisa menjadi terapi yang baik untuk mengatasi leher kaku. Kompres leher yang kaku dengan air es kurang lebih 10-15 menit. Rasa dingin dari es bisa membuat leher menjadi lebih segar dan rileks.

2. Kayu Manis

Selain dapat memberikan manfaat dari dalam tubuh, kayu manis juga bisa digunakan untuk mengatasi leher kaku. Rendam kayu manis dengan air hangat lalu hirup aroma wanginya, ini membantu Anda menjadi lebih rileks dan segar. Anda juga bisa menggunakan air rendaman kayu manis untuk mengompres leher yang kaku.

3. Minyak Esensial

Leher kaku bisa sembuh dengan minyak esensial. Oleskan minyak esensial pada leher kaku dan urut pelan-pelan. Minyak esensial yang bisa digunakan bisa berasal dari bunga Rosemary, Juniper, Lavender, Pinus ataupun Pala. Aroma dari minyak ini bisa membuat pikiran menjadi rileks dan otot sekitar leher kembali lentur.

4. Seledri

Tumbuhan satu ini tidak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Namun seledri disinyalir bisa menjadi obat alami untuk mengatasi leher kaku. Seledri bisa digunakan sebagai kompres, namun juga sangat baik saat dikonsumsi termasuk dengan cara dijus. Jus seledri dikatakan mampu memperbaiki saraf yang rusak akibat stres maupun nyeri di saat datang bulan pada wanita.

Itulah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi leher tegang dan kaku. Tidak hanya mudah dicari, bahan alami ini juga sangat murah. Ladies, jangan lupa untuk mengaplikasikan bahan alami ini untuk dapatkan leher sehat dan tubuh rileks.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading