Sukses

Health

Sakit Leher? Ini Cara Tidur Terbaik yang Aman dan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Posisi tidur ternyata memiliki pengaruh bagi kesehatan seseorang. Terutama jika terbangun dengan rasa nyeri di bagian leher. Hal ini umumnya terjadi akibat posisi tidur yang salah. Alhasil, setiap malamnya tidur menjadi tidak nyenyak karena terganggu oleh rasa sakit di leher tersebut.

Biasanya, rasa kaku dan nyeri pada leher bisa membaik dengan sendirinya. Meski begitu, ketika mengalami sakit leher posisi tidur juga harus diperhatikan, sebab posisi tidur tengkurap dapat berdampak sangat buruk. Sementara, posisi tidur terbaik yang harus dilakukan adalah tidur telentang.

The List mengungkapkan posisi telentang dapat membuat leher beristirahat dan tulang punggung menjadi lurus serta menunjang leher. Sedangkan saat tengkurap, lengkungan pada punggung akan terbentuk dan kamu harus memiringkan kepala agar dapat bernapas. Posisi ini bisa membuat leher menjadi sakit pada pagi harinya. Berikut cara tidur terbaik yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (13/10/2021).

Tidur Telentang yang Benar

Menentukan posisi tidur bisa mempengaruhi kesehatan. Meski tidur telentang berdampak baik bagi kesehatan, ada cara yang lebih baik dan benar untuk melakukannya. Pastikan posisi kepala sudah tepat dan tidak terlalu tinggi ataupun rendah.

Jika leher masih terasa sakit saat tidur telentang, hal ini bisa disebabkan oleh posisi bantal. Maka, gunakan bantal yang datar seperti jenis memory foam atau neck roll guna menyangga kepala dengan posisi yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika menginginkan posisi tidur yang semakin nyaman, tempatkan bantal di bawah lutut guna menurunkan tekanan pada tulang punggung dan persendian pinggul.

Tidur Miring yang Benar

Selain tidur telentang, kamu dianjurkan untuk tidur miring saat leher masih terasa sakit. Sama halnya dengan tidur telentang, cara agar tidur miring bisa lebih nyaman dan aman adalah dengan menggunakan bantal penyangga.

Pastikan untuk menempatkan bantal secara tepat agar leher tetap lurus. Selain itu, leher tidak boleh dalam kondisi mendongak ataupun menunduk.

Menempatkan bantal di antara lutut atau bawah pinggul juga bisa menjadi pilihan. Dengan cara ini, maka bisa menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah, pinggul serta lutut sehingga rasa tegang dan tak nyaman ketika terbangun akan berkurang.

Walau demikian, jika masih merasa posisi tidur atau tambahan bantal tidak bisa mengatasi sakit leher yang dialami, disarankan untuk mengganti bantal dan kasur.

Yuk, coba cara-cara diatas agar bisa menurunkan rasa nyeri pada leher!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading